Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/06/2019, 12:37 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S10 dan beberapa variannya baru diluncurkan Februari lalu. Meski baru hitungan bulan, bocoran perangkat penerus ponsel dengan desain "Infinity-O" itu sudah mulai beredar.

Salah satu kabar terbaru menyebutkan bahwa Samsung bakal merombak habis desain lini seri Galaxy S mereka. Perwujudannya mengemuka lewat desain yang dipatenkan oleh sang raksasa elektronik Korea Selatan tersebut. 

Dokumen paten yang berjudul Electronic Device with Full Display ini sudah didaftarkan oleh Samsung kepada World Intellectual Property Organization (WIPO) pada bulan November 2018 silam dan baru dipublikasikan oleh sang kantor paten pada 6 Juni lalu.

Baca juga: Mode Malam di Kamera Galaxy S10 Sudah Bisa Di-download

Keberadaan paten itu diungkap oleh situs Belanda LetsGoDigital yang kemudian membuat gambar render 3D berdasarkan rancangan dalam dokumennya.

Jika dilihat secara seksama pada gambar di bawah, panel ponsel ini tampak mengusung desain yang serba berlekuk (curved) di segala sisi, tidak hanya di sisi kanan dan kiri saja sebagaimana Galaxy S10 dan beberapa ponsel Galaxy lainnya.

Panel layar yang melengkung ini juga dikabarkan bakal memiliki fungsi untuk menampilkan sejumlah notifikasi, seperti display curved-side yang ada pada seri Galaxy S6 Edge.

Ilustrasi desain ponsel Galaxy terbaru yang diduga sebagai Galaxy S11LetsGoDigital Ilustrasi desain ponsel Galaxy terbaru yang diduga sebagai Galaxy S11

Karena bagian depannya penuh dengan layar, kamera selfie, pemindai sidik jari, dan beberapa sensor seperti proximity sensor, disinyalir bakal ditanamkan di bawah permukaan layar.

Sementara di bagian belakangnya, berdasarkan hasil render, Samsung disinyalir bakal menanamkan beberapa kamera yang disusun secara vertikal, bukan secara horizontal seperti ponsel seri Galaxy S10 terbaru.

Ponsel ini juga dikabarkan bakal mendukung jaringan 5G, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari LetsGoDigital, Senin (17/6/2019).

Baca juga: Samsung Galaxy M40 Resmi, Berkamera Lubang Mirip S10

Kendati begitu, belum bisa dipastikan apakah desain ini bakal digunakan oleh Samsung untuk seri ponsel Galaxy S11 mereka atau tidak, itupun kalau rancanannya benar-benar diterapkan di produk smartphone.

Sebab, sifatnya baru sebatas paten desain yang mereka daftarkan, sementara gambar pun hanya sebagai ilustrasi semata. 

Belum ada pula bocoran mengenai informasi resmi terkait perangkat penerus seri Galaxy S10 tersebut beserta tangal peluncurannya.

Namun, jika berkaca pada kebiasaan Samsung sebelumnya, maka Galaxy S11 bisa diduga akan meluncur sekitar bulan Februari-Maret tahun depan. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com