Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game PS4 Kini Bisa Dimainkan di Ponsel Android

Kompas.com - 08/10/2019, 15:06 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah hanya bisa dimainkan eksklusif di ponsel Xperia dan ponsel berbasis iOS, game PlayStation 4 (PS4) kini diperluas Sony agar bisa dimainkan di lebih banyak ponsel Android.

"Remote Play sekarang dapat digunakan pada smartphone dan tablet yang menjalankan sistem operasi Android 5.0 atau lebih tinggi," ujar Senior Director Sony Interactive Entertainment Content Communications, Sid Shuman, dalam blog resmi Sony, Minggu (6/10/2019).

Untuk bisa memanfaatkan fitur Remote Play, pengguna harus mengunduh aplikasi PS4 Remote Play di Google Play Store terlebih dahulu.

Karena fitur ini memanfaatkan hardware PS4, pengguna juga harus memperbarui firmware PS4 mereka ke versi 7.00. 

Baca juga: Main PS4, Pengguna Xperia Z3 Tak Perlu TV

Setelah aplikasi ponsel tadi diunduh dan firmware PS4 diperbarui, pengguna cukup membuka aplikasi tersebut untuk kemudian melakukan proses pairing dengan PS4.

Pengguna juga harus mengaktifkan fitur Remote Play di konsol PS4 mereka yang ada di menu pengaturan "Remote Play Connection Settings" agar ponsel bisa mendeteksi PS4.

Untuk memberikan pengalaman bermain yang smooth, pengguna disarankan untuk memanfaatkan fitur Remote Play dengan koneksi internet ponsel yang cepat, mungkin menggunakan WiFi ketimbang koneksi data.

PS4 mereka juga disarankan untuk terhubung dengan internet melalui kabel LAN, lantaran harus selalu siap menjadi "server" untuk menyokong perangkat yang streaming dari konsol tersebut. 

Bisa main pakai joystick PS4

Selain bisa dimainkan di ponsel Android secara umum, dalam pembaruan firmware ini, para pengguna Remote Play juga kini bisa memainkan game PS4 di ponsel mereka menggunakan joystick PS4 lewat koneksi Bluetooth. 

Baca juga: Sony Ungkap Cara Menyebut Tombol X yang Benar di PlayStation

Namun, hanya perangkat yang memiliki sistem operasi terbaru saja yang bisa pakai "stik" PS4 di fitur Remote Play.

Aneka perangkat tersebut mencakup ponsel berbasis Android 10 dan iOS 13, tablet berbasis iPadOS 13, hingga perangkat Mac dengan macOS Catalina, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DigitalTrends, Selasa (8/10/2019).

Sebelumnya, pengguna Remote Play hanya bisa menggunakan on-screen controller serta third-party controller untuk bisa memainkan game PS4 melalui perangkat lain, jika ingin menggunakan gamepad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com