Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Lirik Lagu "Real-Time" Spotify Hadir di Indonesia

Kompas.com - 02/07/2020, 09:59 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Spotify akhirnya resmi merilis fitur lirik lagu real-time untuk pengguna mobile di 26 negara, termasuk Indonesia. Baik pengguna premium maupun non-premium bisa menikmati fitur ini.

Fitur lirik lagu real time bisa ditemukan dengan mengetuk "status playing" yang ada di sisi bawah layar. Kemudian gulir ke bawah untuk menemukan sepenggal lirik.

Untuk membuka teks lirik lagu secara penuh dan real-time, cukup ketuk lyrics card. Dengan begitu, pengguna bisa lebih mudah untuk karaoke tanpa harus membuka situs lirik pihak ketiga.

Baca juga: Marak Jual Beli Akun Netflix, Spotify, dan YouTube Premium di Indonesia, Legalkah?

Fitur lirik juga hadir di Argentina, Brasil, Colombia, Chile, Meksiko, Peru, Bolivia, Kosta Rika, Republik Dominika, Ekuador, Guatemala, Honduras, India, Nicaragua, Panam, Paraduay, El Salvador, Uruguay, Vietnam, Filipina, Malaysia, Thailand, Taiwan, Singapura, dan Hong Kong.

Dari pantauan KompasTekno, sebagain pengguna Spotify di Indonesia sudah mendapatkan fitur ini sebelumnya. Dengan peluncurannya secara resmi, kemungkinan penyebaran fitur lirik di Spotify akan lebih merata.

Tangkapan layar fitur lirik di SpotifySpotify Tangkapan layar fitur lirik di Spotify
Apabila belum menemukan fitur ini, tidak ada salahnya untuk memperbarui Spotify ke versi teranyar. Belum diketahui kapan Spotify akan meluncurkan fitur lirik ke negara lain, seperti AS yang belum "beruntung" kebagian fitur ini.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (2/7/2020), Spotify sebelumnya pernah bekerja sama dengan Musixmatch untuk menghadirkan fitur lirik lagu. Tapi kemitraan kedua pihak berakhir pada 2016.

Kemudian, Spotify yang asal Swedia menggandeng Genius untuk menghadirkan fitur "Behind the Lyrics" yang memperlihatkan latar belakang dari penulisan lagu yang dimainkan, berikut liriknya.

Baca juga: Bahaya di Balik Akun Netflix dan Spotify dari Penjual Tak Resmi

Namun, informasi tambahan di Behind the Lyrics bisa mengganggu kalau pengguna ingin karaoke dengan membaca lirik. Dengan fitur lirik lagu real-time yang baru, pengguna Spotify bisa melihat lirik dengan lebih jelas.

Soal fitur lirik, Spotify bisa dikatakan agak terlambat dibanding pesaignnya, seperti Music yang sudah lebih dulu menghadirkan lirik lewat Genius. Sementara di wilayah Asia, aplikasi streaming musik JOOX yang dibeking oleh Tencent juga telah memiliki fitur lirik lagu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com