Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Diakuisisi Microsoft, Game Bethesda Akan Eksklusif untuk Xbox

Kompas.com - 12/03/2021, 14:06 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft resmi mencaplok studio game Bethesda Softworks dengan mengakuisisi perusahaan induknya, ZeniMax Media. Rencana akuisisi sebenarnya sudah diumumkan pada September 2020, tapi baru disahkan pekan ini.

Bethesda Softworks adalah pembuat sejumlah game beken, seperti seri Fallout, The Elder Scrolls, hingga Wolfenstein dan Doom.

Baca juga: Microsoft Akuisisi Induk Perusahaan Game Bethesda Softworks

Head of Xbox, Phil Spencer, menyambut kedatangan tim Bethesda ke keluarga besar Microsoft sambil mengatakan bahwa Xbox, PC, dan layanan berlangganan Game Pass akan menjadi "tempat terbaik" untuk memainkan aneka game baru dari Bethesda.

"Termasuk sejumlah judul baru di masa depan yang akan hadir eksklusif untuk gamer Xbox dan PC," ujar Spencer dalam sebuah pengumuman di situs Xbox. Dia tak menyebutkan apa saja judul game yang dimaksud.

Spencer juga tidak menjelaskan lebih lanjut apakah game Bethesda yang akan datang hanya bakal tersedia di Xbox dan PC saja atau tetap hadir di platform saingan Xbox seperti Sony PlayStation dan Nintendo Switch.

Game Bethesda yang sudah ada agaknya masih "aman". Sebab, sebelumnya Spencer sempat memastikan bahwa game Bethesda berjudul Deathloop and Ghostwire: Tokyo yang sudah diumumkan bakal bersifat eksklusif untuk PS5 akan tetap dirilis untuk konsol rival Xbox itu.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Diluncurkan di Eropa, Bagaimana Sejarah Xbox?

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Digital Trends, Jumat (12/3/2021), Chief Financial Officer Xbox Tim Stuart juga pernah mengatakan hal serupa. "Kami tidak berniat mencabut semua konten Bethesda dari Sony atau Nintendo," ujar Stuart pada November tahun lalu.

Yang jelas, Microsoft mengatakan bahwa aneka game baru Bethesda akan mulai tersedia di Game Pass pada pekan ini. Microsoft juga berenca menggelar acara dalam waktu dekat untuk menjelaskan rencana masa depan bersama Bethesda.

Selain Bethesda, ZeniMax Media turut menaungi sejumlah studio game lain seperti id Software, ZeniMax Online Studios, Arkane Studios, Tango Gameworks, MachineGames, Alpha Dog, hingga Roundhouse Studios.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com