Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Disebut Siapkan Smartphone Seri X dan G Terbaru, Meluncur Paruh Kedua 2022

Kompas.com - 10/06/2022, 09:30 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nokia dikabarkan tengah mempersiapkan serangkaian ponsel terbarunya yang akan dirilis pada paruh kedua 2022 atau sekitar Juli hingga Desember mendatang. 

Smartphone baru tersebut konon dari lini Nokia X dan G 5G. Seperti namanya, deretan perangkat tersebut akan dibekali dukungan untuk mengakses jaringan 5G.

Kehadiran lini Nokia X dan G 5G series memang masih belum dikonfirmasi secara resmi oleh HMD Global, selaku pemegang lisensi Nokia.

Bocoran ini berasal dari media Nokiapoweruser yang mendapat informasi dari sumber dalam industri.

Smartphone seri Nokia X dan G dengan jaringan 5G, disebut akan ditenagai chipset Snapdragon 480 Plus 5G. Artinya jajaran ponsel tersebut akan menyasar pasar kelas menengah.

Baca juga: Bos Nokia Sebut Pengguna Smartphone Makin Sedikit 2030

Pada Maret lalu, Nokia sendiri memang sudah menyerah bikin smartphone kelas atas atau flagship. HMD Global menegaskan tidak akan membuat smartphone kelas atas di bawah nama Nokia.

Dengan chipset Snapdragon 480 Plus besutan Qualcomm ini ponsel 5G yang dibuat dapat dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. 

Snapdragon 480 Plus 5G merupakan chipset penerus dari Snapdragon 480 yang meluncur pada 2021 lalu.

Dengan membawa embel-embel "Plus", chipset ini menjanjikan peningkatan kecepatan clock yang lebih tinggi dari pendarulunya, berikut dukungan Bluetooth 5.2.

Selain membawa chipset Snapdragon 480 Plus 5G, jajaran Nokia X dan G 5G terbaru juga disebut akan memiliki layar dengan refresh rate 120 Hz.

Umumnya, smartphone yang masuk ke dalam kategori kelas menengah (mid-range) memiliki refresh rate yang mentok di angka 90 Hz.

Baca juga: Nokia Menyerah Bikin Smartphone Flagship, Fokus ke Ponsel Murah

Diduga kuat bahwa Nokia XR21 5G, Nokia X21 5G, dan Nokia X11 5G bakal menjadi nama-nama smartphone yang mewakili lini Nokia X 5G series, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Nokia Power User, Jumat (10/6/2022).

Sementara itu, nama-nama model untuk lini Nokia G 5G series kini masih menjadi misteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com