Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Ulang Tahun Ke-35, Street Fighter!

Kompas.com - 01/09/2022, 19:30 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game pertarungan Street Fighter kini berusia 35 tahun sejak dirilis pada 30 Agustus 1987 lalu. Dalam perjalanannya selama 35 tahun, Street Fighter menjadi salah satu game legendaris sejak konsol lawas hingga next-gen.

Saat pertama kali diluncurkan, game Street Fighter membawa tokoh utama bernama Ryu. Ryu diceritakan hendak mengikuti kompetisi bela diri di berbagai penjuru dunia dan melawan sepuluh petarung.

Karakter Ryu populer di kalangan penggemar seri Street Fighter dengan "jurus"-nya, yakni hadouken berupa bola api, shoryuken berupa pukulan ke atas (uppercut), hingga tatsumaki senpuukyaku atau tendangan berputar.

Baca juga: Capcom Umumkan Game Street Fighter 6, Kapan Meluncur?

Merayakan hari jadi game legendaris tersebut, Capcom selaku pengembang, menyulap tampilan halaman utama situs Street Fighter yang bisa diakses melalui tautan berikut. 

Halaman depan situs Street Fighter dihiasi dengan nama-nama kru yang telah berjasa membantu pengembangan game, mulai dari pengembang, seniman, pengisi suara, dan masih banyak lagi.

Capcom juga mengucapkan ungkapan terima kasih kepada para penggemar yang telah setia mamainkan game Street Fighter.

"Street Fighter berusia 35 tahun tahun ini. Kepada semua orang yang telah memainkan serial ini selama bertahun-tahun, kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya," tulis Capcom.

Pengembang game asal Jepang tersebut juga berjanji akan terus menghadirkan lebih banyak konten terbaru kepada para penggemar, salah satunya melalui Street Fighter 6.

"Tahun ini, pada tahun 2022, kami mengumumkan entri berikutnya dalam seri ini, yaitu Street Fighter 6. Segenap tim telah bekerja keras untuk memastikan kami dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pemain di seluruh dunia," lanjut Capcom.

Baca juga: Video Bos Dell Tanding Street Fighter Lawan Artis Yaoyao di Computex 2017

Hingga saat ini Capcom sendiri masih belum mengumbar tanggal pasti kapan penerus dari game Street Fighter V itu akan meluncur.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Nintendo Life, Kamis (1/9/2022), Street Fighter 6 dipastikan bakal menyambangi konsol PlayStation dan Xbox pada musim panas 2023 mendatang.

Pada 24 Juni lalu, Capcom sendiri telah meluncurkan game Capcom Fighting Collection di PlayStation 4 (PS4), Xbox One, Nintendo Switch dan PC untuk gamer yang ingin bernostalgia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com