Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Download dan Kirim Stiker Tahun Baru 2023 di WhatsApp dengan Mudah

Kompas.com - 30/12/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Tak terasa sebentar lagi 2022 bakal berakhir. Dalam rangka menyambut tahun baru 2023, pengguna bisa memberikan ucapan selamat ke pengguna lain melalui aplikasi pesan instan WhatsApp atau biasa disingkat WA.

Supaya ucapan selamat tahun baru 2023 tak terasa monoton, pengguna dapat menyertakannya dengan stiker WA. Sebagian besar pengguna mungkin sudah tak asing lagi dengan fitur stiker WA.

Baca juga: Cara Beli Tiket Masuk Candi Borobudur Online buat Libur Natal dan Tahun Baru 2023

Fitur yang telah dirilis sejak 2018 itu kerap dimanfaatkan untuk mengirim pesan atau chat yang lebih ekspresif dengan gambar mini (stiker). Selain bawaan aplikasi, stiker WA dengan beragam tema juga bisa diunduh (download) lewat beberapa aplikasi pihak ketiga.

Salah satunya seperti Top Sticker. Di aplikasi Top Stiker, saat ini telah tersedia beberapa stiker tahun baru 2023 WA. Bila hendak merayakan tahun baru 2023 dengan mengirim stiker WA, berikut adalah cara download-nya di Top Sticker.

Cara download stiker tahun baru 2023 WA di Top Stiker

  • Unduh aplikasi Top Stiker di Google Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS). Setelah memilikinya di ponsel, silakan buka aplikasi Top Stiker dan login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, klik menu “Explor” dan cari stiker dengan kata kunci seperti ini “tahun baru 2023”.
  • Top Sticker bakal menyajikan beberapa paket stiker WA dengan tema sesuai kata kunci pencarian tersebut.
  • Pilih dan buka paket stiker tahun baru 2023 sesuai dengan keinginan.
  • Selanjutnya, klik opsi “Add Stickers to..” dan pilih opsi “Add to WhatsApp”.

Ilustrasi cara download stiker tahun baru 2023 WA di Top Sticker.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara download stiker tahun baru 2023 WA di Top Sticker.

Setelah mengetuk opsi tersebut, Top Stiker bakal secara otomatis membuka aplikasi WhatsApp. Saat aplikasi WhatsApp terbuka, bakal terdapat permintaan untuk menambahkan stiker ke daftar koleksi.

Baca juga: Trik Melihat Status WA agar Tidak Ketahuan Pembuatnya, Tanpa Aplikasi Tambahan

Bila telah ditambahkan, stiker tahun baru 2023 WA dari Top Stiker bakal segera bisa dikirim ke pengguna lain. Adapun penjelasan mengenai cara kirim stiker tahun baru 2023 WA adalah sebagai berikut.

Cara kirim stiker tahun baru 2023 WA

  • Buka ruang obrolan di WhatsApp, bisa pribadi atau grup.
  • Kemudian, klik ikon stiker yang berada di kolom pengetikan pesan.
  • Setelah itu, halaman daftar koleksi stiker WA bakal muncul muncul.
  • Pada halaman tersebut, silakan pilih paket stiker tahun baru 2023 WA yang tadi telah ditambahkan dari Top Stiker.
  • Terakhir, pilih stiker dari paket tersebut dan kirim ke pengguna lain.

Ilustrasi cara kirim stiker tahun baru 2023 WA.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara kirim stiker tahun baru 2023 WA.

Cukup mudah bukan cara download stiker tahun baru 2023 WA dan mengirimnya? Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 16.1.2.

Beda wadah yang digunakan mungkin bakal beda pula letak opsi dan caranya. Demikianlah penjelasan lengkap cara download stiker tahun baru 2023 WA di Top Sticker dan mengirimnya.

Baca juga: Cara Beli Tiket Taman Mini Online serta Harganya untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2023

Bila dirasa paket yang tersedia di Top Stiker kurang menarik, pengguna bisa membuat stiker tahun baru 2023 WA sendiri dengan cara seperti di artikel ini “Cara Membuat Stiker WA di HP dan PC”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com