Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Melihat Status WA agar Tidak Ketahuan Pembuatnya, Tanpa Aplikasi Tambahan

Kompas.com - 07/12/2022, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp atau biasa disingkat WA memiliki fitur “status”, yang memungkinkan Anda untuk membagikan pengalaman atau cerita ke pengguna lain melalui foto, gambar, video, dan teks.

Baca juga: 5 Perbedaan Grup dan Komunitas WhatsApp, Mulai Komposisi Anggota hingga Cara Mengelolanya

Status WA yang diunggah dapat dilihat melalui menu “Status”. Saat status WA itu dibuka, bakal muncul keterangan siapa saja yang telah melihatnya. Nama Anda pun juga bakal muncul ketika melihat status WA tersebut.

Bagi sebagian pengguna, mungkin Anda juga termasuk, bakal cukup terganggu apabila diketahui oleh pengguna lain telah melihat status WA yang dibuatnya. Seandainya terganggu, lalu bagaimana cara melihat status WA tanpa ketahuan?

Melihat status WA tanpa ketahuan pemiliknya bisa dilakukan dengan mudah, tak perlu sampai menggunakan aplikasi tambahan. Anda hanya cukup menonaktifkan terlebih dahulu fitur “laporan dibaca” atau tanda centang biru.

Sebagaimana umum diketahui, fitur Laporan Dibaca atau centang biru di WhatsApp sendiri merupakan tanda yang  berfungsi untuk memberitahu bahwa pesan (chat)yang Anda dikirim telah dibaca oleh penerima.

Cara melihat status WA tanpa ketahuan dengan menonaktifkan fitur itu dapat dilakukan di HP Android dan iPhone. Bila hendak mencoba trik ini, berikut adalah penjelasan mengenai cara melihat status WA tanpa ketahuan pemilik atau pembuatnya dengan mudah.

Baca juga: Ramai Akun WA Diblokir Sementara gara-gara Pakai WhatsApp GB, Ini Penjelasannya

Cara melihat status WA tanpa ketahuan

Menonaktifkan tanda centang biru

  • Buka aplikasi WhatsApp dan klik menu “Settings”.
  • Selanjutnya, masuk ke menu pengaturan “Privasi”.
  • Kemudian, nonaktifkan fitur Laporan Dibaca atau tanda centang biru.

Ilustrasi cara menonaktifkan tanda centang biru untuk melihat status WA tanpa ketahuan pembuatnya.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menonaktifkan tanda centang biru untuk melihat status WA tanpa ketahuan pembuatnya.

Melihat status WA tanpa ketahuan pembuatnya

  • Setelah tanda centang biru dimatikan, sekarang silakan buka status dari pengguna lain yang ingin dilihat tanpa ketahuan.
  • Kini, nama Anda tak bakal muncul di daftar orang yang telah melihat status WA milik pengguna lain.
  • Seandainya fitur Laporan Dibaca atau tanda centang biru diaktifkan kembali maka pembuat akan mengetahui bahwa status WA miliknya telah Anda lihat.

Ilustrasi cara melihat status WA tanpa ketahuan. Nama Anda tidak akan muncul di daftar orang yang telah melihat status WA saat menonaktifkan tanda centang biru (tengah). KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat status WA tanpa ketahuan. Nama Anda tidak akan muncul di daftar orang yang telah melihat status WA saat menonaktifkan tanda centang biru (tengah).

Dengan trik ini, Anda tak perlu lagi merasa terganggu akibat diketahui telah melihat status WA seseorang. Anda bisa melihat status WA tanpa diketahui pembuatnya secara bebas, hanya cukup menonaktifkan tanda centang biru.

Baca juga: Trik Keluar Grup WA Diam-diam di HP Android dan iPhone, Sudah Coba?

Cukup mudah bukan untuk melihat status WA tanpa ketahuan pembuat atau pemiliknya? Demikian penjelasan seputar cara melihat status WA tanpa ketahuan pembuatnya dengan mudah, tak perlu menggunakan aplikasi tambahan, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.