Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warganet Facebook di Indonesia Makin Doyan Ngobrol di Grup

Kompas.com - 24/03/2023, 13:45 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jumlah pengguna aktif harian Facebook meningkat secara global. CEO Meta Indonesia, Pieter Lydian, mengungkapkan bahwa Facebook kini digunakan oleh 2 miliar pengguna setiap harinya per kuartal IV 2022.

Secara spesifik di Indonesia, konten Reels dan Grup Facebook juga tumbuh makin subur. Jumlah percakapan di grup terdorong oleh beberapa topik.

Berbicara soal jumlah pengguna aktif harian (daily active user/DAU) Facebook, angka 2 miliar tersebut diklaim sebagai rekor pertama yang berhasil dicapai, setelah Facebook mendapatkan 16 juta pengguna baru pada kuartal IV-2022.

"Datanya sekarang, pengguna Facebook secara aplikasi mencapai 2 miliar setiap harinya. Itu adalah jumlah yang besar sekali," kata Pieter dalam acara bertajuk Facebook: Today and Tomorrow, di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan, Jumat (24/3/2023).

Baca juga: Induk Facebook Umumkan PHK Massal Gelombang Kedua, 10.000 Karyawan Terdampak

Ia menambahkan, saat ini, Facebook paling banyak digunakan di sejumlah negara antara lain Amerika Serikat, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

CEO Meta Indonesia Pieter Lydian berbicara dalam acara  bertajuk Facebook: Today and Tomorrow di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan, Jumat (24/3/2023).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto CEO Meta Indonesia Pieter Lydian berbicara dalam acara bertajuk Facebook: Today and Tomorrow di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan, Jumat (24/3/2023).
Pencapaian 2 miliar DAU tersebut juga melanjutkan konsistensi Facebook dalam menggaet pengguna baru, setelah sempat turun untuk pertama kalinya pada kuartal IV 2021.

Jumlah pengguna aktif harian Facebook sempat mengalami penurunan sedikit pada kuartal IV-2021 lalu dari 1,93 miliar menjadi 1,929 miliar pengguna. Itu adalah momen perdana dalam secara jumlah pengguna Facebook mengalami penurunan.

Namun, selanjutnya, Facebook meneruskan tren pertumbuhan pengguna sepanjang tahun 2022.

Menurut laporan Meta, jumlah pengguna harian aktif Facebook kembali melonjak ke angka 1,960 miliar pada kuartal I-2022, lalu ke angka 1,968 miliar pada kuartal II-2022, lalu naik lagi ke angka 1,984 pada kuartal III-2022.

Baru pada kuartal IV-2022, Facebook akhirnya memiliki 2 miliar pengguna aktif harian.

Jumlah pengguna aktif harian Facebook selama enam kuartal berturut-turut dari kuartal-IV 2020 hingga kuartal-IV 2022End Gadget Jumlah pengguna aktif harian Facebook selama enam kuartal berturut-turut dari kuartal-IV 2020 hingga kuartal-IV 2022
Pengguna Facebook Indonesia makin doyan ngobrol di Grup

Yang menarik, Pieter mengungkapkan bahwa fitur Reels dan Grup Facebook juga tumbuh subur seiring dengan pertumbuhan pengguna secara global.

"Menurut statistik di Indonesia, jumlah grup Facebook tumbuh 40 persen dalam sebulan terakhir, menjadi 10,5 juta grup Facebook aktif," kata Pieter.

Pieter melanjutkan, 10,5 juta grup Facebook itu menampung sekitar 148 juta pengguna Indonesia.

Adapun topik yang mendorong percakapan di Facebook Indonesia dalam beberapa waktu belakangan meliputi topik baju kurung (195 persen), kepiting saos padang (370 persen), serta durian (11.000 persen).

Pieter juga membagikan data terkini soal Reels, fitur video pendek yang ada di Facebook dan Instagram.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com