Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Cek Kepribadian Berdasar Tanggal Lahir di Google, Begini Caranya

Kompas.com - 24/03/2023, 11:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Akhir-akhir ini, viral di medsos (media sosial) ajakan buat cek kepribadian berdasar tanggal lahir di Google. Sebagai contoh, ajakan tersebut bisa dilihat melalui salah satu twit dari akun base dengan handle @askrlfess seperti yang tertera di bawah ini.

Baca juga: Apa Itu Virtex yang Kerap Dikaitkan dengan Video Viral Bikin HP Lag Belakangan?

Pada twit tersebut, pengirim mengajak pengguna lain untuk membagikan informasi terkait kepribadiannya berdasar tanggal lahir yang diperoleh dari hasil pertama pencarian di Google.

Selain di Twitter, tren cek kepribadian berdasar tanggal lahir di Google juga ramai dibagikan oleh para pengguna di Instagram. Di Instagram, tren ini dikemas dalam bentuk stiker “Add Yours” dengan ajakan berjudul “screenshot of your birthday + personality on Google”.

Tren “screenshot of your birthday + personality on Google” ini mengajak pengguna untuk membagikan tangkapan layar hasil pertama pencarian di Google atas kepribadian berdasar tanggal lahir.

Bila tertarik juga untuk mengikuti tren ini, berikut adalah cara cek kepribadian berdasar tanggal lahir di Google.

Cara cek kepribadian berdasar tanggal lahir di Google

  • Buka Google Search atau www.google.com di browser ponsel.
  • Selanjutnya, ketik tanggal-bulan lahir Anda dan tambahkan kata “personality”, misalnya “12 April personality” (tanpa tanda kutip).
  • Lalu, klik opsi pencarian.
  • Setelah itu, ambil screenshot hasil pertama dari pencarian Google atas kata kunci tersebut yang berisi penjelasan singkat kepribadian Anda berdasar tanggal lahir.
  • Terakhir, bagikan tangkapan layar tersebut ke media sosial buat ikut tren “screenshot of your birthday + personality on Google”.

Ilustrasi cara cek kepribadian berdasar tanggal lahir di Google.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek kepribadian berdasar tanggal lahir di Google.

Cukup mudah bukan cek kepribadian berdasar tanggal lahir di Google? Untuk diketahui, tren ini bisa berjalan dengan memanfaatkan fitur Snippet di Google. Cek kepribadian berdasar tanggal lahir pada dasarnya tidak langsung dilakukan oleh Google.

Fitur Snippet sendiri adalah kotak khusus berisi deskripsi singkat terkait isi konten dari website yang relevan dengan kata kunci pencarian pengguna. Kotak khusus tersebut biasa muncul pada konten yang berada di halaman pertama dan peringkat teratas Google.

Baca juga: Viral Visualisasi Bentuk Badan Sendiri, Begini Cara Bikinnya di Situs Body Visualizer

Snippet bakal otomatis muncul ketika Anda melakukan pencarian di Google. Lewat Snippet inilah, Anda bisa mengetahui dengan cepat informasi kepribadian berdasar tanggal lahir tanpa harus membuka situsnya.

Demikianlah penjelasan cara cek kepribadian berdasar tanggal lahir di Google yang tengah viral di medsos, selamat mencoba.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com