Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia C12 Plus Resmi Meluncur, Harga Rp 1 Jutaan

Kompas.com - 03/04/2023, 09:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - HMD Global selaku pemegang lisensi smartphone Nokia memperkenalkan perangkat terbarunya bernama Nokia C12 Plus. Ponsel ini merupakan model tertinggi dari Nokia C12 “reguler” yang sudah meluncur Januari 2023 lalu.

Dikatakan sebagai model tertinggi karena Nokia C12 Plus dibekali speksifikasi yang lebih mumpuni ketimbang Nokia C12 “reguler”. Salah satunya terletak pada aspek baterai.

Nokia C12 “reguler” dibekali baterai berkapasitas 3.000mAH, sedangkan Nokia C12 Plus ditopang baterai 4.000mAH. Selain itu, Nokia C12 Plus menawarkan opsi RAM dan kapasitas penyimpanan (storage) yang lebih banyak ketimbang versi regulernya.

Sebagai gambaran, Nokia C12 Plus menawarkan opsi 2/64 GB dan 3/64 GB. Perluasan penyimpanan bisa dilakukan hingga 256 GB menggunakan slot microSD yang tersedia. Sementara itu, versi “reguler” terdiri dari 2/64 GB dan tidak dibekali slot microSD.

Baca juga: Nokia C12 Pro Meluncur, Baterai Lebih Besar dari C12 Reguler

Terlepas dari perbedaan yang ada, keduanya sama-sama menjalankan sistem operasi Android 12 Go Edition. Sistem operasi (OS) jenis ini umumnya lebih ringan ketimbang Android biasa.

Aplikasi-aplikasi yang ada di dalam smartphone juga tidak memakan banyak memori. Misalnya, YouTube Go, Google Maps Go, Gmail Go, dan sebagainya. OS jenis Android Go memang ditargetkan untuk ponsel-ponsel murah di segmen entry-level dan memiliki spek yang rendah.

Spesifikasi Nokia C12 Plus

Nokia C12 resmi meluncur di Jerman dan Austria. Perangkat ini hadir dengan ukuran yang lebih kecil dibanding Nokia C31 dan Nokia C10 yang masing-masing sudah meluncur pada November 2022 dan April 2021HMD Global Nokia C12 resmi meluncur di Jerman dan Austria. Perangkat ini hadir dengan ukuran yang lebih kecil dibanding Nokia C31 dan Nokia C10 yang masing-masing sudah meluncur pada November 2022 dan April 2021

Nokia C12 Plus mengusung layar seluas 6,3 inci, menawarkan resolusi HD Plus (720x1.520 piksel), dan bagian atasnya dihiasi oleh poni menyerupai tetesan air (waterdrop) guna menampung kamera depan (selfie) yang beresolusi 5 MP.

Dikarenakan Nokia C12 Plus merupakan satu keluarga dari Nokia C12 series, desain yang diusung juga serupa dengan Nokia C12 “reguler”. Misalnya, di bagian pungung, Nokia C12 Plus memiliki modul berbentuk persegi panjang dengan sudut yang membulat di setiap sisinya.

Terdapat satu kamera belakang yang dibenamkan ke dalam modul. Kamera tersebut beresolusi 8 MP dan diposisikan sejajar secara vertikal bersamaan dengan lampu kilat LED (LED flash). LED flash berfungsi untuk membantu pencahayaan ketika mengambil gambar di kondisi gelap atau minim cahaya.

Baca juga: Nokia C12 Meluncur, Ponsel Android Go Harga Rp 1 Jutaan

Nokia C12 Plus ditenagai oleh chipset Unisoc octacore yang tidak diketahui jenis dan merknya. Hanya saja, di lembar spesifikasi, chipset Unisoc tersebut tertulis memiliki clockspeed 1,6GHz.

Merujuk pada rumor yang beredar di internet, kemungkinan chipset yang digunakan Nokia C12 Plus sama seperti “saudaranya”, yakni Unisoc 9863A1 yang dirancang dengan fabrikasi 28 nm.

Chipset Unisoc 9863A1 merupakan chipset yang terdiri dari delapan inti dan terbagi menjadi dua. Klaster pertama adalah empat inti dari CPU Cortex-A55 clock 1,6 GHz, dan klaster kedua terdiri dari CPU Cortex-A55 dengan clockspeed 1,2 GHz. Pengolah grafis (GPU) yang disematkan adalah PowerVR IMG 8322.

Fitur pendukung lainnya adalah memiliki slot colokan jack audio 3,5 mm, colokan microUSB untuk melakukan pengisian daya ataupun transfer data, GPS dengan dukungan GNSS, dan sebagainya.

Harga Nokia C12 Plus

Rincian banderol harganya masih belum diungkap oleh HMD Global. Menurut GSM Arena, sebagaimana dihimpun oleh KompasTekno, Minggu (2/4/2023), Nokia C12 Plus di India dijual seharga 7.999 rupee (Rp 1,4 juta) untuk varian 2/32 GB. Sementara, varian 3/64 GB dijual lebih murah 7.499 rupee (Rp 1,36 juta) di pasar Asia.

Warna yang ditawarkan adalah Dark Cyan, Light Min, dan Charcoal. Untuk saat ini ketersediaan ponsel baru ada di wilayah di India dan Asia saja. Namun, pihak perusahaan tidak merinci wilayah Asia mana saja yang tersedia.

Sehingga, belum diketahui apakah perangkat bakal dijual di Indonesia juga atau tidak. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com