Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia C12 Pro Meluncur, Baterai Lebih Besar dari C12 "Reguler"

Kompas.com - 23/03/2023, 12:05 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Setelah meluncurkan Nokia C12 di India beberapa pekan lalu, HMD Global kini resmi memperkenalkan "saudara" dari ponsel tersebut, yaitu Nokia C12 Pro. Ponsel ini juga diperkenalkan di India. 

Hadir dengan embel-embel "Pro", Nokia C12 Pro kini dibekali dengan baterai yang memiliki kapasitas lebih besar dari versi "reguler", yaitu 4.000 mAh, meningkat 1.000 mAh dari baterai 3.000 mAh di Nokia C12. 

Terlepas dari kapasitas baterai, desain dan spesifikasi Nokia C12 Pro identik dengan Nokia C12. 

Baca juga: Saat CEO Nokia Ramal Kiamat Smartphone Dimulai Tahun 2030...

Artinya, Nokia C12 Pro juga dibekali layar IPS LCD dengan ukuran 6,3 inci dan resolusi HD Plus. Di bagian tengah atas layar, terdapat modul alias "poni" konvensional yang memuat kamera selfie 5 MP. 

Di bagian belakang ponsel yang memuat logo bertuliskan "Nokia", Nokia C12 Pro dibekali dengan satu buah kamera yang memiliki resolusi 8 MP. Kamera ini dimuat dalam sebuah modul persegi.

Beralih ke sektor hardware, Nokia C12 Pro dibekali chipset Unisoc SC9863A1 dengan teknologi fabrikasi 28nm.

Di dalam "otak" ponsel ini, ada prosesor (CPU) delapan inti (octa core) yang memiliki kecepatan clock maksimal 1,6 GHz. Nokia C12 Pro memiliki dua opsi RAM yaitu 2 GB dan 3 GB serta media penyimpanan (storage) 64 GB.

Baca juga: Nokia Kenalkan Logo Baru Setelah Hampir 60 Tahun

Sedangkan pada sektor software, Nokia C12 Pro menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 Go Edition, yang memiliki jaminan dukungan pembaruan keamanan selama dua tahun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (23/3/2023).

Fitur pendukung lain yang ada di Nokia C12 Pro mencakup dukungan GPS dengan teknologi GNSS, earphone jack 3.5 mm, slot microSD, konektor microUSB, baterai yang bisa dilepas pasang (removable), dan masih banyak lagi. 

Di India, Nokia C12 Pro hadir dalam varian warna Light Mint, Charcoal, dan Dark Cyan. Ponsel ini dijual dengan harga 7.000 rupee India (sekitar Rp 1,2 juta) untuk varian 2 GB/64 GB dan 7.500 rupee India (sekitar Rp 1,3 juta) untuk varian 3 GB/64 GB.

Belum diketahui apakah Nokia C12 Pro bakal diboyong ke Indonesia atau tidak. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com