Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Bakal Bisa Gonta-ganti Akun WhatsApp di Satu HP

Kompas.com - 19/06/2023, 10:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp sedang mengembangkan fitur baru yang mungkin dinantikan pengguna. Fitur itu bakal memungkinkan pengguna memasang beberapa akun yang berbeda (multi-account) di satu handphone (HP).

Fitur itu sedang diuji WhatsApp untuk WhatsApp Business. Menurut situs yang kerap memberikan bocoran soal fitur baru WhatsApp, WABetaInfo, fitur multi-account muncul di pembaruan WA Business versi beta 2.23.13.5 di Android.

Pembaruan itu bisa ditemukan di Google Play Store. Fitur multi-account sebenarnya sudah cukup umum di beberapa aplikasi macam Instagram, Gmail, TikTok dan lain sebagainya.

Baca juga: 4 Cara Setting Penyimpanan WhatsApp biar Tak Bikin Memori HP Penuh

Nah bila Anda familier dengan fitur multi-account di Instagram, Anda akan menemukan kesamaan dengan fitur multi-account di WA Business.

Berdasarkan gambar yang dibagikan oleh WABetaInfo, pengguna nantinya akan mendapati menu yang memungkinkan mereka menambahkan atau login akun WhatsApp berbeda dari yang dipakai saat ini. Akun tambahan itu akan tersimpan di HP yang sama.

WhatsApp sedang mengembangkan fitur baru yang bakal memungkinkan pengguna memasang beberapa akun yang berbeda (multi-account) di satu handphone (HP).WABetaInfo WhatsApp sedang mengembangkan fitur baru yang bakal memungkinkan pengguna memasang beberapa akun yang berbeda (multi-account) di satu handphone (HP).

Dengan fitur multi akun ini, pengguna bisa berpindah atau gonta-ganti akun WhatsApp kapan saja tanpa perlu berganti perangkat atau ponsel.

Fitur multi-account sendiri cukup dinantikan pengguna karena akan mempermudah dalam mengelola percakapan pribadi maupun bisnis dalam satu perangkat. Selain itu, dukungan ini juga akan mempermudah admin mengelola akun yang sebelumnya terpisah di aneka perangkat.

Baca juga: Desain Tombol WhatsApp Ini Akan Dirombak?

Sejauh ini, fitur multi akun baru diuji untuk WA Business. Namun ada kemungkinan besar bahwa multi-account juga dirilis untuk WhatsApp "reguler", karena tak ada indikasi bahwa fitur itu dibuat khusus.

Sayangnya jadwal hadirnya multi-account di WhatsApp "reguler" belum diketahui. Pasalnya fitur ini masih dalam pengembangan perusahaan dan baru akan dirilis ke pengguna beta melalui pembaruan selanjutnya.

4 HP sekaligus

Sejauh ini, pengguna WhatsApp hanya bisa memakai satu akun di satu HP. Kendati begitu, perusahaan memungkinkan pengguna memasang akun yang sama ke empat perangkat yang berbeda, termasuk web browser, tablet dan desktop.

Per April lalu, WhatsApp juga mengizinkan pengguna memasang satu akun yang sama di empat HP sekaligus.

Dengan satu akun WhatsApp yang bisa dipakai di hingga empat perangkat berbeda, pengguna dapat beralih antara beberapa ponsel, tanpa perlu keluar (logout), dan langsung melanjutkan chat terakhir dari perangkat sebelumnya.

Bagi pemilik WhatsApp Business, karyawan kini dapat langsung menjawab pesan pelanggan langsung dari ponsel mereka dengan akun WhatsApp Business yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com