Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kirim Foto Kualitas HD di WhatsApp Tanpa Dijadikan Dokumen

Kompas.com - 14/06/2023, 17:01 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna WhatsApp di Indonesia sudah dapat mengirim foto berkualitas tinggi, atau biasa disebut High Definition (HD) di dalam ruang obrolan.

Fitur baru ini hanya tersedia untuk perangkat Android saja, setidaknya untuk saat ini. Walau demikian kehadiran fitur kirim foto HD ini pun dianggap sebagai kabar baik.

Dikarenakan sebelum ada fitur kirim foto HD, WhatsApp secara otomatis memperkecil resolusi seluruh foto yang diunggah ke ruang obrolan.

Proses kompres foto tersebut kerap membuat ukuran dan besar file foto menjadi lebih kecil serta memengaruhi kualitas foto. Ketika foto yang dikirim diperbesar, foto tersebut lebih mudah pecah dan buram atau tidak jelas.

Baca juga: Cara Kirim Foto WhatsApp Sekali Lihat Agar Tidak Bisa Di-screenshot

Hal ini tentunya cukup merepotkan pengguna ketika harus melihat atau memperhatikan foto yang memiliki banyak detail. Pengguna tidak akan dapat melihat detail dalam foto secara jelas karena pengurangan resolusi dari sistem WhatsApp.

Atau cara lain, untuk mengirim foto kualitas tinggi (HD), pengguna seringkali mengakalinya dengan mengirim file foto sebagai lampiran (attachment) dokumen. Kini dengan fitur baru, tak perlu lagi menggunakan cara ini.

Lantas, bagaimana cara mengirim foto berkualitas HD di WhatsApp? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara kirim foto HD di WhatsApp

Ilustrasi fitur gambar HD di WhatsApp.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi fitur gambar HD di WhatsApp.

  • Pertama-tama, buka aplikasi WhatsApp
  • Buka salah satu ruang obrolan
  • Pilih ikon kamera di samping kolom pesan
  • Ketika memotret di kamera WhatsApp akan muncul HD di sisi atas layar
  • Klik ikon tersebut sebelum mengirim foto
  • Sistem akan memunjulkan jendela informasi berjudul “Photo quality”
  • Pengguna bakal disuguhkan dua opsi, Standar quality (misal: 900 x 1.600 piksel, ukuran piksel akan berbeda-beda di tiap perangkat) atau HD Quality
  • Klik HD Quality dan pilih Done

WhatsApp memberi notifikasi ketika pengguna sudah mengaktifkan fitur kirim gambar HDKOMPAS.com/Bill Clinten WhatsApp memberi notifikasi ketika pengguna sudah mengaktifkan fitur kirim gambar HD
Ketika fitur kirim foto HD sudah aktif, pengguna akan diberikan informasi "Photo set to HD quality" (Foto sudah diatur ke resolusi HD).

Baca juga: Cara Kirim Foto di WhatsApp Tanpa Menurunkan Kualitas

Foto yang dikirimkan ke ruang obrolan akan memiliki lambang “HD” di sudut kiri bawah. Simbol tersebut menunjukkan bahwa foto yang dikirim sudah berkualitas HD.

Dari pantauan KompasTekno, Rabu (14/6/2023), pengguna yang memiliki WhatsApp Android versi 2.23.11.77 dipastikan sudah mendapat kebaruan fitur ini.

Namun, bila pengguna yang belum mendapatkan kebaruan fitur tersebut, jangan berkecil hati dan mohon bersabar. Tampaknya pihak WhatsApp tengah menggelontorkan fitur ini secara bertahap ke seluruh pengguna.

Sebab, beberapa tim KompasTekno yang sudah melakukan update ke versi serupa masih ada yang belum kedapatan fitur ini. Upaya lain yang bisa dilakukan adalah update WhatApp ke versi terbaru secara berkala di toko aplikasi resmi, Google Play Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com