Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blusukan ke Sentra Ponsel di PGC Jakarta, HP Apa yang Paling Laris?

Kompas.com - 20/06/2023, 13:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.com - Pusat Grosir Cililitan (PGC) yang berlokasi di Jakarta Timur, adalah salah satu pusat perbelanjaan dengan jumlah gerai ponsel yang besar. Tidak sedikit pengunjung yang datang ke sana untuk membeli ponsel anyar.

KompasTekno pun menyempatkan bertandang ke pusat perbelanjaan yang berlokasi di kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur tersebut, pada Senin (12/6/2023) sekitar pukul 11.30 WIB.

Pantauan KompasTekno, beberapa kios memang tampak tutup. Namun, jumlahnya terbilang sangat sedikit bila dibandingkan dengan gerai ponsel yang beroperasi.

Adapun pengunjungnya memang tak begitu ramai, mengingat kami datang pada hari kerja. Oleh karena itu, tak semua gerai ponsel saat kami berkunjung, didatangi pelanggan.

Seperti gerai ponsel di pusat perbelanjaan pada umumnya, ketika berkunjung ke lantai 3 PGC ini, terdengar suara para promotor maupun sales menanyakan apa tipe ponsel, merek atau kebutuhan terkait yang kami cari.

Begitu pula ketika kami melewati area gerai service ponsel, mengingat penyedia jasa ini juga tersedia di lantai yang sama.

Baca juga: 5 Besar Vendor Smartphone Indonesia Kuartal I-2023 Versi IDC, Samsung Teratas

Selanjutnya kami mengunjungi satu per satu gerai ponsel di PGC, menanyakan ponsel yang paling laris akhir-akhir ini hingga spesifikasi yang paling sering ditanya konsumen. Meski tak semua gerai bersedia kami wawancara, setidaknya lima gerai mau berbagi pengalamannya.

Jadi, apa saja ponsel paling laris di PGC belakangan ini? berikut rinciannya.

HP terlaris di PGC

Secara umum, setiap toko yang kami wawancara menyebutkan beberapa merek yang paling laris, termasuk Oppo, Realme, Infinix, Xiaomi hingga Samsung dan Apple.

Pasalnya, tidak setiap toko mendapati penjualan yang sama, khususnya dari aspek merek. Jadi, tidak setiap toko mengacu pada satu merek saja.

Toko Poris Communication misalnya, menyebutkan bahwa Oppo merupakan merek terlaris di tokonya. Penjualan selama bulan Mei di toko ini bahkan didominasi oleh ponsel bermerek Oppo.

"(Bulan Mei) kemarin sampai tanggal 31, Oppo aja hampir 30, 29 unit (terjual) dari tanggal 1 sampai tanggal 31 Mei," kata promotor toko Poris Communication kepada KompasTekno.

"Rata-rata lebaran juga nyarinya Oppo," imbuhnya.

Adapun merek lainnya yang terjual di periode yang sama di Poris Communication, masing-masing hanya berkisar 3-6 unit, dari merek Samsung, Realme, Xiaomi dan Infinix.

Lebih rinci, tipe yang paling laris yaitu Oppo A17, Oppo A17K, Oppo A57 hingga Reno 8T. Beberapa tipe ponsel ini menjadi yang terlaris utamanya untuk segmen entry-level dan kelas menengah.

Adapun kelas flagship, pihak Poris Communication berkata bahwa yang terlaris adalah merek Samsung dan Apple. Namun, konsumen memilih menggunakan skema kredit untuk membeli posel kelas tinggi tersebut.

Agak berbeda dengan toko pertama, gerai ponsel kedua yang kami kunjungi, GG Store menyebut bahwa ponsel yang paling laris yaitu ponsel di rentang harga Rp 3 jutaan dari lintas merek. Satu tipe yang paling laris yaitu Realme C55.

"(Yang paling laris) Realme, Oppo, Infinix, di rentang harga Rp 3 jutaan," kata pemilik toko GG Store.

Persamaannya dengan toko pertama yaitu bahwa tipe ponsel Oppo yang paling laris yaitu Oppo A17 dan Oppo A57.

Baca juga: Ini 7 Smartphone Android yang Akan Meluncur Juni 2023

Suasana konter HP di sentra ponsel Pusat Grosir Cililitan (PGC)Kompas.com/Lely Maulida Suasana konter HP di sentra ponsel Pusat Grosir Cililitan (PGC)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com