Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] - Ponsel Murah Itel A60S Resmi, Harga di Bawah Rp 1 Juta | Ratusan Aplikasi Android Disusupi Malware yang Bisa Sedot Rekening

Kompas.com - 13/06/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Itel Mobile merilis ponsel murah terbarunya, yakni A60S ke pasar Indonesia.
Harga Itel A60S cukup terjangkau, yakni di bawah Rp 1 juta rupiah. Peluncuran Itel A60S menjadi salah satu berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

Selain itu, ada pula berita lain soal bocoran fitur baru WhatsApp. Menurut rumor, WhatsApp akan memungkinkan penggunanya mengirim foto berkualitas HD.

Berita teknologi lain yang juga populer adalah soal laporan dari perusahaan keamanan siber CloudSEK yang membeberkan adanya ratusan aplikasi Android yang telah disusupi malware.

Aplikasi tersebut bisa membahayakan data pribadi pengguna, memata-matai aktivitas perangkat, dan mencuri informasi rekening bank.

Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] - Video Audisi Putri Ariani AGT Tembus 12 Juta View di YouTube | Ramai Tampilan WhatsApp Berubah, Menu Chat Ada di Bawah

Itel A60S resmi di Indonesia

Ponsel murah Itel A60S resmi meluncur di Indonesia. Di Tanah Air, harga Itel A60S adalah Rp 929.000, khusus untuk pembelian selama periode 12-14 Juni 2023. Setelah itu, harga Itel A60S akan berubah, menjadi Rp 1.299.000.

Dengan harga yang cukup terjangkau itu, spesifikasi Itel A60S bisa dikatakan setara dengan ponsel entry-level lainnya. Layarnya mengusung desain waterdrop display dengan bentang 6,6 inci, dan resolusi HD Plus.

Di sisi depan, terdapat sebuah takik kecil untuk menampung kamera selfie beresolusi 5 MP. Kemudian di sisi belakang, terdapat dua sensor kamera. Kamera utamanya beresolusi 8 MP dan satu sensor lain yang tidak dirinci konfigurasinya.

Dua kamera tersebut disematkan secara vertikal di dalam sebuah modul persegi, ditemani sebuah LED flash, dan sebuah sensor fingerprint (pemindai seidik jari) untuk keamanan perangkat. Selain pemindai sidik jari, Itel A60S juga memiliki fitur face unlock untuk mengunci perangkat.

Spesifikasi lengkapnya bisa disimak di artikel "Ponsel Murah Itel A60S Resmi di Indonesia, Harga Rp 929.000".

5 Besar vendor smartphone di Indonesia versi IDC

Firma riset International Data Corporation (IDC) merilis laporan pangsa pasar smartphone di Indonesia untuk kuartal I-2023. Secara keseluruhan, IDC menyebut bahwa kondisi pasar smartphone di Indonesia sedang tidak baik-baik saja.

Pasalnya, total pengiriman (shipment) smartphone di Tanah Air turun 11,9 persen dibanding kuartal I-2022. Total smartphone yang dikirimkan selama tiga bulan awal tahun 2023 mencapai 7,9 juta unit.

IDC juga mengungkap lima besar vendor smartphone yang paling laris di Indonesia selama kuartal I-2023. Menurut IDC, Samsung menguasai pasar smartphone di Indonesia pada kuartal I-2023 dengan pangsa pasar 23,3 persen.

Sementara di urutan kedua, ada Oppo dengan pangsa pasar 20,2 persen. Lantas, siapa yang menduduki posisi ketiga hingga terakhir?

Selengkapnya bisa disimak di artikel "5 Besar Vendor Smartphone Indonesia Kuartal-I 2023 Versi IDC, Samsung Teratas".

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com