Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Menggunakan Chat GPT buat Menyusun Skripsi, Bisa Bantu Cari Ide Judul

Kompas.com - 21/06/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Apakah Chat GPT bisa membuat skripsi? Chat GPT adalah program Artificial Intelligence berbasis Language Model yang dikembangkan oleh OpenAI. Sebagai Languange Model, ChatGPT punya kemampuan utama buat menjawab aneka perintah pengguna.

Salah satunya dapat disalurkan untuk menjalankan perintah dalam menyusun skripsi atau karya tulis ilmiah bagi pengguna yang menempuh pendidikan sarjana. Akan tetapi, ChatGPT kurang tepat dan tidak dapat dipakai buat menyusun skripsi dalam sekali perintah.

Baca juga: 5 Tips Memanfaatkan ChatGPT untuk Membantu Menghasilkan Uang

Untuk diketahui, penyusunan skripsi sendiri terdiri dari beberapa proses dan bagian, misalnya, mencari ide judul, membuat kerangka (outline), memahami referensi yang dipakai, menyusun kata pengantar, membuat abstrak, dan lainnya.

ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyusun skripsi pada proses dan bagian tersebut. Bila tertarik untuk mencobanya, berikut adalah beberapa tips atau cara menggunakan Chat GPT buat menyusun skripsi.

Cara menggunakan Chat GPT buat menyusun skripsi

1. Mencari ide judul skripsi

Ilustrasi cara mencari ide judul skripsi di Chat GPT.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mencari ide judul skripsi di Chat GPT.

Pertama, pengguna dapat memanfaatkan Chat GPT untuk membantu mencari ide judul skripsi yang hendak diangkat. Pengguna bisa meminta Chat GPT membuatkan beberapa judul sesuai topik atau kasus yang hendak diteliti dalam skripsi.

2. Membuat outline skripsi

Ilustrasi cara membuat outline skripsi dengan Chat GPT.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat outline skripsi dengan Chat GPT.

Setelah mencari ide judul skripsi, pengguna juga dapat membuat outline skripsi atau kerangka dari topik atau kasus yang hendak diangkat. Chat GPT bisa menyajikan beberapa poin yang sekiranya perlu dibahas dalam topik skripsi tersebut.

3. Mencari referensi skripsi

Ilustrasi cara mencari referensi skripsi di ChatGPT.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mencari referensi skripsi di ChatGPT.

Ketiga, pengguna bisa mencari referensi skripsi yang sekiranya sesuai dengan topik atau judul yang diangkat. Chat GPT dapat menyajikan beberapa referensi buku untuk membantu pengguna memahami topik skripsi yang bakal diangkat.

Baca juga: Apa itu Google Bard, Chatbot AI Buatan Google yang Mirip ChatGPT

4. Menerjemahkan referensi skripsi

Referensi atau bahan bacaan untuk menyusun skripsi kadang tersedia dalam bahasa Inggris. Untuk memudahkan dalam memahami, pengguna dapat memasukkan teks referensi bahasa Inggris ke Chat GPT buat diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

5. Parafrase referensi skripsi

Selain menerjemahkan, pengguna juga dapat meminta Chat GPT untuk melakukan parafrase referensi skripsi yang hendak dipakai. Chat GPT bakal membuatkan tulisan dengan gaya baru, tetapi substansinya sama seperti referensi yang digunakan.

6. Membuat abstrak skripsi

Ilustrasi cara membuat abstrak skripsi dengan ChatGPT.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat abstrak skripsi dengan ChatGPT.

ChatGPT punya kemampuan untuk menyusun teks. Lewat kemampuan tersebut, pengguna dapat meminta ChatGPT untuk membuatkan gambaran abstrak atau ringkasan dari isi skripsi yang disusunnya.

7. Membuat kata pengantar skripsi

Kemampuan Chat GPT dalam menyusun teks juga dapat dimanfaatkan untuk membuat kata pengantar skripsi. Pengguna bisa meminta Chat GPT untuk membuat kata pengantar skripsi dengan isi sesuai keinginan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com