Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Situs Cek Plagiarisme Gratis dan Berbayar untuk Skripsi dan Jurnal

Kompas.com - 24/06/2023, 16:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pelajar/mahasiswa atau seorang akademisi membuat skripsi atau jurnal menjadi bagian wajib dari sebuah proses mengembangkan ilmu. Tak hanya berdasarkan data akurat, membuat skripsi dan jurnal memiliki berbagai syarat dan ketentuan wajib yang dipenuhi.

Salah satunya ketentuan dilarang menjiplak atau plagiat karya tulis lain. Maka dari itu setiap skripsi dan jurnal wajib melalui proses pengecekan plagiarisme untuk memastikan karya tulis asli dan bukan jiplakan atau saduran.

Untuk memastikan tulisan original, penulis bisa memanfaatkan berbagai situs cek plagiarisme gratis dan berbayar yang bisa diakses di internet dengan mudah. 

Pengecekan ini berguna untuk membantu penulis menghasilkan karya asli sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Lantas apa saja lima situs cek plagiarisme gratis dan berbayar untuk skripsi dan jurnal? Selengkapnya berikut ini beberapa situsnya.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis untuk Skripsi, Jurnal, dan Buku

Dupli Checker

Dupli Checker Kompas.com/soffyaranti Dupli Checker

Dupli Checker salah satu situs cek plagiarism gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengecek skripsi maupun jurnal. Situs ini memungkinkan pengguna mengecek plagiarisme hingga 25.000 kata.

Tersedia fitur gratis yang bisa diakses pengguna dalam sekali cek per hari. Apabila pengguna mendaftar akun Dupli Checker maka dapat menggunakannya sebanyak 50 kali pengecekan sehari.

Untuk menggunakannya juga mudah, pengguna bisa langsung menyalin dan menempelkan tulisan, maupun mengunggah dokumen dari komputer maupun url website. Apabila ingin mencobanya dapat mengunjungi situs https://www.duplichecker.com/ berikut ini.

Scribbr review

Scribbr ReviewScribbr Review Scribbr Review

Scribbr review merupakan situs cek plagiarisme yang menawarkan versi gratis terbatas. Untuk melihat laporan lengkap, Anda perlu membeli versi premium dengan harga antara 19, 95 dollar AS atau sekitar Rp 298 ribu hingga 19,95 dollar AS atau setara Rp 598 ribu. Sribbr review cukup akurat hingga 83 persen dari situs plagiarisme gratis lainnya. 

Scribbr reviw dikembangkan dalam kemitraan dengan Turnutin, sehingga cukup akurat dalam melakukan pemeriksaan plagiarisme. Apabila Anda ingin mencobanya, dapat menuju situs https://www.scribbr.com/

PaperRater

PaperRaterPaperRater PaperRater

Paper Rater memiliki beberapa fitur yang tak hanya untuk mengecek plagiarisme namun juga Proofreader & Grammar Check, dan Vocabulary Builder. Anda bisa menggunakan fitur-fitur tersebut untuk mengoreksi kesalahan tata bahasa dan lainnya.

PaperRater merupakan situs cek plagiarisme gratis hingga lima halaman. Namun apabila ingin mengakses fitur lanjutannya dan bebas iklan, pengguna bisa berlangganan mulai 7,95 dollar AS atau sekitar Rp 119.000. Untuk mencobanya, Anda bisa mengunjungi situs www.paperrater.com

Baca juga: Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word untuk Skripsi dan Jurnal

Quetext Review

QueText ReviewQueText Review QueText Review

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com