Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DxOMark Nobatkan Oppo Find X6 Pro sebagai Ponsel dengan Kamera Terbaik

Kompas.com - 13/04/2023, 13:01 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber DxOMark

KOMPAS.com - Oppo Find X6 Pro merupakan ponsel flagship terbaru Oppo yang memiliki keunggulan di aspek kamera

Ponsel ini dibekali dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 50 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 50 MP (f/2.6), serta satu kamera selfie 32 MP (f/2.4).

Fitur kamera di ponsel ini juga didukung dengan lensa dan teknologi dari perusahaan kamera kenamaan Hasselblad, serta chip pintar (NPU) MariSilicon X untuk meningkatkan kualitas foto dan video. 

Nah, dengan spesifikasi kamera tersebut, Oppo Find X6 Pro dinobatkan sebagai ponsel dengan kamera terbaik versi situs web yang biasa melakukan pengujian kamera ponsel, DxOMark

Baca juga: DxOMark Ungkap Keunggulan Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra

Berdasarkan hasil uji coba kamera ponsel flagship teranyar Oppo tersebut, DxOMark mencatat Oppo Find X6 Pro memiliki skor performa kamera keseluruhan sebesar 153 poin. 

Angka ini lebih tinggi dari beberapa ponsel flagship lainnya yang memiliki kamera mumpuni, seperti Honor Magic 5 Pro yang berada diposisi kedua dengan 152 poin, atau Huawei Mate 50 Pro yang berada di posisi ketiga dengan 149 poin. 

Hasil uji kamera Oppo Find X6 Pro versi DxOMark.DxOMark Hasil uji kamera Oppo Find X6 Pro versi DxOMark.

Menurut DxOMark, Oppo Find X6 Pro memiliki performa kamera terbaik dari ponsel flagship lainnya lantaran seluruh kamera ponsel ini dianggap mampu menghasilkan sebuah foto yang cukup detail dan tajam, meski di kondisi minim cahaya sekalipun.

Selain itu, kamera ponsel ini juga bisa menghasilkan video dengan cukup terang dan minim noise di kondisi gelap, serta memiliki fitur bokeh dan penstabil video yang cukup bisa diandalkan. 

Meski ada beberapa keunggulan, DxOMark mencatat sejumlah kekurangan yang ada di kamera Oppo Find X6 Pro.

Baca juga: Oppo Find X6 dan Find X6 Pro Meluncur dengan Kamera Hasselblad 50 MP

Berdasarkan hasil uji coba mereka, tingkat warna kontras pada foto portrait yang dihasilkan ponsel ini, terutama ketika kondisi latar belakang obyek terang dan penuh cahaya, masih dianggap kurang cukup bagus.

Lalu, fitur exposure di kamera ponsel ini juga terkadang kurang stabil ketika menggunakan mode pemotretan atau perekaman video, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DxOMark, Kamis (13/4/2023).

Beberapa kekurangan lainnya yang ada di kamera Oppo Find X6 Pro, menurut DxOMark, adalah detail obyek yang kurang ketika melakukan foto dengan orang banyak.

Kemudian, DxOMark juga menyebut bahwa citra kualitas kulit di hasil foto Oppo Find X6 Pro cenderung akan kurang sama dengan aslinya dalam beberapa kondisi, dan tingkat dynamic range dalam foto juga dianggap akan berbeda di mode preview dan hasil akhir foto.

Ulasan lengkap mengenai hasil uji coba performa kamera Oppo Find X6 Pro versi DxOMark bisa dibaca di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com