Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui Titik Koordinat Rumah di Google Maps buat Daftar PPDB 2023

Kompas.com - 26/06/2023, 12:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB 2023 di beberapa kota/kabupaten Indonesia tengah berlangsung. Pada pendaftaran PPDB 2023 yang dilakukan secara online, peserta perlu memahami cara mengetahui titik koordinat rumah pada peta.

Sebab, titik koordinat rumah menjadi data yang perlu dimasukkan peserta, terutama peserta yang mengikuti PPDB 2023 dengan jalur Zonasi. Dalam PPDB 2023 jalur Zonasi, titik koordinat rumah dipakai untuk mengukur jarak dari rumah peserta ke sekolah tujuan.

Baca juga: Cara Perpanjang SIM Online 2023 via Polri Super App serta Syarat dan Biayanya

Jarak dari rumah ke sekolah tujuan menjadi salah satu poin penting untuk menentukan kelulusan peserta dalam PPDB 2023 jalur Zonasi. Jika jarak rumah ke sekolah terlampau jauh maka bakal meminimalisir kemungkinan peserta untuk lolos PPDB 2023 jalur Zonasi.

Lantaran menjadi poin penentu kelulusan, peserta wajib mengisi data alamat rumah serta titik koordinatnya pada PPDB 2023 jalur zonasi. Untuk diketahui, titik koordinat merupakan pertemuan antara garis bujur dan lintang guna menentukkan lokasi pada sebuah peta.

Di situs web PPDB online untuk beberapa wilayah, biasanya sudah terdapat peta dari Google Maps yang disematkan pada bagian data alamat rumah. Ketika memasukkan data alamat rumah, situs web bakal menyajikan titik koordinatnya secara otomatis.

Namun, tak menutup kemungkinan, titik koordinat tersebut tidak sesuai dengan data alamat rumah yang sebenarnya. Untuk mencegah ketidaksesuaian tersebut, peserta bisa mengubah titik koordinat di situs web PPDB Online.

Cara mengubah titik koordinat di PPDB Online bisa dilakukan dengan memanfaatkan Google Maps. Peserta bisa mencari sendiri titik koordinat rumahnya melalui Google Maps.
Lantas, bagaimana cara mengetahui titik koordinat rumah kita di Google Maps?

Cara mengetahui titik koordinat rumah di Google Maps untuk keperluan daftar PPDB 2023 itu cukup mudah. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara mengetahui titik koordinat rumah di Google Maps buat daftar PPDB 2023.

Cara mengetahui titik koordinat rumah di Google Maps

  • Buka situs web Google Maps lewat browser laptop atau ponsel yang beralamatkan di https://www.google.com/maps.
  • Setelah Google Maps terbuka, cari alamat rumah atau lokasi yang ingin didaftarkan pada PPDB online.
  • Kemudian, klik lokasi tersebut dan bakal muncul ikon pin berwarna abu-abu. Pada ikon pin itu, buka menu konteks (klik kanan) dan pilih opsi “Ada apa di sini?”.
  • Selanjutnya, bakal muncul pop up menu berisi deretan angka simbol titik koordinat.
  • Terakhir, salin deretan angka tersebut ke kolom pengisian data titik koordinat di situs web PPDB online.

Ilustrasi cara mengetahui titik koordinat rumah di Google Maps untuk daftar PPDB 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengetahui titik koordinat rumah di Google Maps untuk daftar PPDB 2023.

Baca juga: Cara Buat SKCK Online via Aplikasi Super Apps Presisi, Mudah dan Praktis

Perlu diketahui, titik koordinat pada Google Maps biasanya memiliki format penulisan dengan satuan Derajat Desimal (DD), seperti ini “41.40338, 2.17403” (tanpa tanda kutip).

Demikian penjelasan mengenai cara mengetahui titik koordinat rumah di Google Maps untuk daftar PPDB 2023, semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com