Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Menjajal Kamera Oppo Find X6 Pro 5G di Bali

Kompas.com - 27/06/2023, 08:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com - Oppo resmi meluncurkan ponsel flagship teranyarnya, Oppo Find X6 Pro 5G di China pada Maret 2023. Ponsel ini hanya tersedia untuk pasar China saja, tidak diluncurkan secara global.

Namun, pada Juni 2023 ini, Oppo Find X6 Pro "main" ke Indonesia. Perangkat ini mampir ke Tanah Air dalam rangka acara Oppo APAC (Asia-Pasifik) Vitality Imaging Tour yang berlangsung di Bali pada 25-26 Juni 2023.

KompasTekno pun berkesempatan menjajal Oppo Find X6 Pro 5G versi China warna coklat dengan punggung bermaterial kulit. Ponsel ini memiliki RAM 12 GB serta penyimpanan media 256 GB.

Di China, ponsel dengan varian memori tersebut dijual dengan banderol harga 5.999 yuan atau sekitar Rp 13 jutaan.

Baca juga: DxOMark Nobatkan Oppo Find X6 Pro sebagai Ponsel dengan Kamera Terbaik

Lantas, seperti apa penampilan ponsel flagship terbaru Oppo ini dan apa saja aksesori yang ada di dalam kemasan penjualannya? Ikuti penelusuran singkatnya berikut ini.

Unboxing Oppo Find X6 Pro

Isi kemasan Oppo Find X6 Pro versi ritel China, terdiri dari satu unit Oppo Find X6 Pro 5G, adapter charger 100 watt, kabel USB tipe C, hardcase dengan warna senada punggung ponsel, SIM card ejector tool, buku panduan, serta kartu garansi.
KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Isi kemasan Oppo Find X6 Pro versi ritel China, terdiri dari satu unit Oppo Find X6 Pro 5G, adapter charger 100 watt, kabel USB tipe C, hardcase dengan warna senada punggung ponsel, SIM card ejector tool, buku panduan, serta kartu garansi.
Oppo Find X6 Pro datang dengan kotak kemasan yang didominasi berwarna hitam. Di bagian depan kardus, ada merek "Oppo Find X6 Pro" yang di tulis dengan warna oranye.

Di bagian depan juga ada informasi "Oppo | Hasselblad" menunjukkan bahwa ponsel Oppo Find X6 Pro ini membawa kamera hasil kerja sama Oppo dengan Hasselblad, produsen kamera premium asal Swedia.

Di kotak kemasan juga ada keterangan spesifikasi kunci ponsel yang tertulis dalam bahasa China.

Ketika dibuka, isi kotak penjualannya ponsel flagship yang dibanderol seharga mulai Rp 13 jutaan hingga Rp 15 jutaan ini terbilang lengkap.

Baca juga: Oppo Find X6 Pro Masuk Indonesia atau Tidak, Oppo?

Di dalam kotak terdapat satu unit Oppo Find X6 Pro 5G, adapter charger 100 watt, kabel USB tipe C, hardcase dengan warna senada punggung ponsel, SIM card ejector tool, buku panduan, serta kartu garansi.

Punggung berbahan kulit, bodi pas digenggam

Punggung Oppo Find X6 Pro menggunakan material kulit vegan, membuat bagian belakang ponsel ini lebih kesat dan tak mudah selip.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Punggung Oppo Find X6 Pro menggunakan material kulit vegan, membuat bagian belakang ponsel ini lebih kesat dan tak mudah selip.
Salah satu aspek yang paling mencolok dari Oppo Find X6 Pro adalah desain punggungnya. Pasalnya, kini ponsel flagship ini mengusung material kulit vegan di hampir 3/4 bagian belakangnya.

Material kulit membuat ponsel memiliki finishinig matte, tak mudah ternoda sidik jari, dan tidak memberikan efek cermin.

Sepengalaman KompasTekno, penggunaan material kulit ini juga membuat ponsel ini memiliki punggung yang lebih kesat. Sehingga ponsel bisa digenggam tangan tanpa takut selip.

Namun sebagai proteksi tambahan, pengguna bisa menggunakan hardcase dengan warna yang serupa dengan desain punggung Oppo Find X6 Pro. Hardcase ini sudah termasuk dalam kotak pembelian.

Di atas kertas, bodi Oppo Find X6 Pro memiliki dimensi panjang 164,8 mm, lebar 76,2 mm, dan ketebalan 9,1 mm. Dengan dimensi tersebut, ponsel ini pas dan nyaman digenggam dengan satu tangan.

Namun, dengan luas layar yang mencapai 6,82 inci membuat pengoperasian dengan satu tangan terasa kurang nyaman. Sebab, jempol tangan kanan tidak sampai menjangkau aplikasi yang ada di pojok paling kiri ponsel.

Besar dan menonjol

Modul kamera Oppo Find X6 Pro. Fitur kamera di ponsel ini juga didukung dengan lensa dan teknologi dari perusahaan kamera kenamaan Hasselblad, serta chip pintar (NPU) MariSilicon X untuk meningkatkan kualitas foto dan video.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Modul kamera Oppo Find X6 Pro. Fitur kamera di ponsel ini juga didukung dengan lensa dan teknologi dari perusahaan kamera kenamaan Hasselblad, serta chip pintar (NPU) MariSilicon X untuk meningkatkan kualitas foto dan video.
Selain punggung berbahan kulit, modul kamera belakang Oppo Find X6 Pro juga sangat mencolok. Modul ini memiliki bentuk lingkaran yang besar dan cukup menonjol ketika diletakkan di tempat yang datar.

Modul kamera ini menjadi rumah dari tiga kamera belakang Oppo Find X6 Pro, yaitu kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 50 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 50 MP (f/2.6, 3x optical zoom, 6x hybrid zoom, dan zoom digital hingga 120x). Ada juga kamera selfie 32 MP (f/2.4).

Fitur kamera di ponsel ini juga didukung dengan lensa dan teknologi dari perusahaan kamera kenamaan Hasselblad, serta chip pintar (NPU) MariSilicon X untuk meningkatkan kualitas foto dan video.

Dengan spesifikasi kamera tersebut, Oppo Find X6 Pro dinobatkan sebagai ponsel dengan kamera terbaik versi situs web yang biasa melakukan pengujian kamera ponsel, DxOMark. Oppo find X6 Pro mendapatkan predikat kamera HP terbaik pada April 2023.

Pantai Pandawa dalam bidikan Oppo Find X6 Pro.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Pantai Pandawa dalam bidikan Oppo Find X6 Pro.
Sepengalaman KompasTekno, ketiga kamera belakang Oppo Find X6 Pro memang bisa digunakan untuk menjepret objek dengan baik, tajam, dan detail.

Ketika memotret dalam kondisi cahaya cukup, seperti di siang hari, kamera utama 50 MP pada mode normal mampu menangkap warna dan detail objek dengan jelas. Hasilnya pun terang dan jernih, seperti gambar di atas. 

Oppo Find X6 Pro mampu menangkap gambar dengan baik, tajam, dan detail di kondisi minim cahaya (lowlight).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Oppo Find X6 Pro mampu menangkap gambar dengan baik, tajam, dan detail di kondisi minim cahaya (lowlight).
Kamera ponsel ini juga bisa menangkap foto dengan baik dan detail di kondisi cahaya minim.

Untuk foto-foto dengan objek yang jauh, pengguna bisa mengandalkan kamera telefoto 50 MP dengan 3x optical zoom, 6x hybrid zoom, dan zoom digital hingga 120x.

Ketika dijajal, fitur ini bisa menghasilkan foto yang terbilang baik, terutama ketika diperbesar hingga 30x. Saat menggunakan digital zoom di atas 30x, hasil foto terlihat semakin buram.

Hasil foto kamera Oppo Find X6 Pro.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil foto kamera Oppo Find X6 Pro.
Yang menarik, Oppo Find X6 Pro kini juga memiliki kamera teleportrait dengan opsi zoom 1x, 2x, dan 3x. Jadi pengguna bisa mengambil foto menunjang foto dengan latar belakang bokeh dengan perbesaran hingga 3x.

Hasil foto yang dihasilkan dari mode teleportrait ini juga bagus, tajam, dan detail, seperti gambar di bawah. Selengkapnya, hasil foto Oppo Find X6 Pro dapat dilihat melalui galeri foto bertajuk: "Hasil Foto Oppo Find X6 Pro 5G, Kamera HP Terbaik Versi DxOMark".

Hasil foto kamera Oppo Find X6 Pro.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil foto kamera Oppo Find X6 Pro.
Layar AMOLED 120 Hz, IP68

Oppo Find X6 Pro mengusung layar AMOLED 6,82 inci dengan resolusi 1.440 x 3.168 piksel.

Layar tersebut sudah mendukung refresh rate hingga 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz. Dengan refresh rate 120 Hz, menggeser layar, menavigasi menu, berpindah antar-aplikasi terasa mulus dan lancar. Begitu juga saat menonton video atau film.

Layar Oppo Find X6 Pro 5G ini juga memiliki tingkat kecerahan (brightness) maksimum hingga 2.500 nits, membuat konten masih akan tetap terlihat meski layar terpapar sinar matahari terik.

Tampang layar Oppo Find X6 Pro dan kotak kemasan versi ritel China.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampang layar Oppo Find X6 Pro dan kotak kemasan versi ritel China.
Layar tersebut sudah dilindungi kaca Gorilla Glass Victus 2 dan mendukung pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint scanner).

Ponsel ini ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm), dipadukan dengan RAM hingga 16 GB serta penyimpanan media hingga 512 GB.

Ponsel flagship Oppo yang hanya dipasarkan di wilayah China ini juga dilengkapi dengan sertifikasi IP68. Artinya, ponsel ini mampu bertahan pada kedalaman air 1,5 meter dalam kurun waktu hingga 30 menit.

Selengkapnya, spesifikasi lengkap Oppo Find X6 Pro di China bisa dilihat dari tabel di bawah. Sayangnya, fans Oppo di Indonesia tidak bisa membeli ponsel ini karena Oppo Find X6 Pro 5G ini hanya dipasarkan di China.

Sementara, tampang Oppo Find X6 Pro dari berbagai sisi bisa dilihat lewat galeri foto berjudul: "Unboxing dan Hands-on Oppo Find X6 Pro 5G".

Layar AMOLED 6,82 inci, resolusi 1.440 x 3.168 pixels, refresh rate 120Hz, touch sampling rate 240Hz, tingkat kecerahan maksimum 2.500 nits, HDR 10+, kaca Gorilla Glass Victus 2
Dimensi dan bobot 164,8 x 76,2 x 9,1 mm
216 gram
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm)
CPU: Octa-core (1x3.2 GHz Cortex-X3 & 2x2.8 GHz Cortex-A715 & 2x2.8 GHz Cortex-A710 & 3x2.0 GHz Cortex-A510)
GPU: Adreno 740
Memori RAM: 12/16 GB
Storage: 256/512 GB
Kamera belakang Kamera utama 50MP (f/1.8), Sony IMX989, OIS, 1-inch, PDAF
Kamera ultrawide 50MP (f/2.2), Sony IMX890, 1/1.56-inch, mode Makro
Kamera telefoto 50MP (f.2,6), Sony IMX890, OIS, 1/1.56-inch
Kamera depan Kamera depan 32MP (f/2.4), Sony IMX709 RGBW Sensor
Baterai 5.000 mAh, fast charging SuperVOOC 100 watt
Kartu SIM dan konektor dual SIM, USB Type-C
NFC dan biometrik NFC, in-display fingerprint scanner, face unlock
Fitur pendukung 5G, dual stereo speaker, Bluetooth 5.3, anti-debu dan air dengan rating IP68
Sistem operasi Android 13, ColorOS 13.1
Warna Black, Green, Brown
Harga Oppo Find X6 Pro Oppo Find X6 Pro (12/256 GB): 5.999 yuan (Rp 13 jutaan)
Oppo Find X6 Pro (16/256 GB): 6.499 yuan (Rp 14,5 jutaan)
Oppo Find X6 Pro (16/512 GB): 6.999 yuan (Rp 15,6 jutaan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com