Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bigetron Alpha Jadi Wakil Indonesia di Mobile Legends IESF WEC 2023 Romania

Kompas.com - 27/06/2023, 14:30 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Bigetron Alpha resmi menjadi wakil Indonesia di kompetisi e-sports bergengsi The International Esports Federation (IESF) WE Championship (WEC) 2023 yang akan digelar di kota Iasi, Romania pada 24 Agustus - 3 September mendatang. 

Tiket ke kompetisi IESF WEC 2023 diraih Bigetron Alpha setelah sukses mengalahkan tim junior dari Evos Legends, yaitu Evos Icon di Grand Final Seleksi Nasional (Seleknas) divisi Mobile Legends (MLBB) pada Selasa (27/6/2023) siang. 

Pada babak akhir Seleknas MLBB IESF WEC 2023 tersebut, Bigetron Alpha berhasil mengalahkan Evos Icon dalam pertarungan Best of 5 (BO5) dengan skor telak tanpa balas 3-0.

Baca juga: Mobile Legends Punya Sistem Emblem Baru, Lebih Simpel dan Mudah 

Game pertama Bigetron Alpha vs Evos Icon di Grand Final Seleknas IESF WEC 2023 Mobile Legends.Youtube/PBESI Game pertama Bigetron Alpha vs Evos Icon di Grand Final Seleknas IESF WEC 2023 Mobile Legends.
Pertandingan pun berjalan dengan mudah bagi Bigetron Alpha. Sebab, dari tiga pertandingan yang disuguhkan, mereka mampu menyelesaikannya dalam waktu singkat, yaitu kurang dari 15 menit. 

Secara rinci, Bigetron Alpha memenangkan game pertama dalam waktu sekitar 11 menit dengan skor eliminasi 15-0. Permainan hero Fanny dari "Super Kenn" serta Beatrix dari "Saken" yang cukup agresif membuat game ini cukup mudah untuk dimenangkan. 

Pada game kedua, Evos Icon sempat memberikan perlawanan melalui permainan hero Pharsa dari "New Roster" yang cukup cantik.

Game kedua Bigetron Alpha vs Evos Icon di Grand Final Seleknas IESF WEC 2023 Mobile Legends.Youtube/PBESI Game kedua Bigetron Alpha vs Evos Icon di Grand Final Seleknas IESF WEC 2023 Mobile Legends.
Namun, kelihaian hero Baxia "Super Kenn" dan Novaria "KYY" dari Bigetron Alpha sukses membawa tim ini memenangkan game kedua dalam durasi sekitar 13 menit dengan skor eliminasi 11-8.

Dominasi Bigetron Alpha kembali bisa terlihat di game ketiga. Pada game terakhir ini, mereka berhasil menutup pertandingan dalam waktu sekitar 10 menit dengan skor eliminasi 18-3.

Kemenangan ini dikontribusi oleh hero Melissa "Saken" dan Diggie "KYY". Kedua hero ini mampu mendominasi dan menciptakan banyak poin eliminasi (kill) dari awal hingga akhir game, serta mampu membawa Bigetron Alpha menjadi wakil Indonesia di IESF WEC 2023.

Baca juga: Arti Istilah Adu Mekanik yang Kerap Muncul di Game Mobile Legends

Game ketiga Bigetron Alpha vs Evos Icon di Grand Final Seleknas IESF WEC 2023 Mobile Legends.Youtube/PBESI Game ketiga Bigetron Alpha vs Evos Icon di Grand Final Seleknas IESF WEC 2023 Mobile Legends.

IESF WEC 2023

Seperti disebutkan di atas, kompetisi IESF WEC 2023 akan digelar di kota Iasi, Romania pada 24 Agustus - 3 September mendatang. Turnamen ini merupakan lanjutan dari IESF WEC 2022 yang digelar di Bali, Indonesia tahun lalu. 

Dalam turnamen ini, IESF, selaku penyelenggara akan mengkompetisikan beberapa game e-sports. Di antaranya seperti Counter-Strike Global Offensive (CSGO) dan Dota 2 untuk PC, eFootball dan Tekken 7 untuk PS5, serta PUBG Mobile dan Mobile Legends untuk Mobile. 

Sama seperti kompetisi sebelumnya, peserta IESF WEC 2023 berasal dari berbagai negara di dunia. Di game Mobile Legends, Indonesia menjadi salah satu negara terpilih untuk mengikuti kompetisi game tersebut di IESF WEC 2023.

Daftar game yang dipertandingkan di IESF WEC 2023.IESF.org Daftar game yang dipertandingkan di IESF WEC 2023.

Adapun perwakilan yang dikirim dipilih melalui Seleknas IESF WEC 2023 yang dilakukan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) secara nasional, di mana Bigetron Alpha keluar sebagai juaranya.

Natinya, Bigetron Alpha, selaku perwakilan Indonesia, akan berkompetisi dengan 15 negara lainnya (total 16 negara) di game Mobile Legends, termasuk Romania, Amerika Serikat, Brasil, Ukraina, Turki, dan beberapa negara lainnya yang belum diumumkan.

Keenam belas tim tersebut akan memperebutkan porsi terbesar dari total hadiah 100.000 dollar AS (sekitar Rp 1,5 miliar) serta piala juara IESF WEC 2023 dari game Mobile Legends.

Terkait game Mobile Legends di IESF WEC 2023, kompetisi game ini akan diawali dengan babak Group Stage pada 25 - 26 Agustus, dan dilanjutkan dengan babak Playoff dan Grand Final pada 27 Agustus - 3 September. 

Baca juga: Game Final Fantasy XVI Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Suasana IESF 14th World Esport Championship di kawasan The Nusa Dua, Bali Dok ITDC Suasana IESF 14th World Esport Championship di kawasan The Nusa Dua, Bali

Rincian dan format babak Group Stage serta Playoff IESF WEC 2023 Mobile Legends adalah sebagai berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Liquipedia, Selasa (27/6/2023). 

1. Group Stage (25-26 Agustus 2023)

  • 16 negara dibagi menjadi 4 grup (masing-masing grup 4 negara). 
  • Pertandingan Best of 1 (BO1).
  • Juara pertama di masing-masing grup akan melaju ke Upper Bracket Playoff.
  • Juara kedua dan ketiga di masing-masing grup akan melaju ke Upper Bracket Ronde 1.
  • Juara keempat di masing-masing grup akan tereliminasi.

2. Playoffs (27 Agustus-3 September 2023)

  • 12 negara.
  • Double Elimination Bracket (Upper dan Lower Bracket).
  • Pertandingan Playoff Best of 3 (BO3).
  • Pertandingan Grand Final Best of 5 (BO5).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com