Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Game Nintendo Switch di Nintendo Direct 2023, Ada Mario dan Detective Pikachu

Kompas.com - 24/06/2023, 10:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber YouTube

KOMPAS.com - Pengembang sekaligus penerbit game asal Jepang, Nintendo telah menggelar pameran game berjudul "Nintendo Direct 2023".

Seperti namanya, acara ini dimanfaatkan untuk memamerkan deretan game baru yang dibuat atau diterbitkan oleh Nintendo untuk konsol Nintendo Switch. Pameran edisi bulan Juni ini sendiri kebanyakan menunjukkan game baru, remaster, dan remake dari seri ikonik Nintendo.

Sebagai contoh, Nintendo mengumumkan lima game anyar dari franchise "Mario" yang legendaris.

Salah satunya adalah "Super Mario Bros. Wonder", game platformer yang mengadopsi grafik dua dimensi (2D) ala game "Mario" tempo dulu.

Baca juga: Pistol Game Nintendo Duck Hunt Dipakai untuk Merampok Toko

Dalam game ini, gamers bakal bermain sebagai Mario, Luigi, Princess Peach, Princess Daisy, Yoshi, atau Toad. Saat berpetualang, pemain bisa menggunakan "Wonder Flowers", yakni bunga yang membuat lingkungan di sekitar pemain menjadi "liar".

Disebut liar karena pipa-pipa hijau di sekitar Mario bisa menjadi hidup, dan Mario pun dapat berubah bentuk menjadi bola raksasa yang mampu menghancurkan dinding.

Uniknya, Mario juga bisa berubah menjadi seekor gajah yang menggunakan belalainya sebagai senjata.

Game yang bisa dimainkan bersama tiga teman lainnya ini direncanakan meluncur tanggal 20 Oktober mendatang.

Berikutnya, terdapat remake dari game "Super Mario RPG" yang pertama kali dirilis pada 1996 untuk konsol Super Nintendo Entertainment System (SNES).

Super Mario RPG RemakeNintendo Super Mario RPG Remake
Game ini mengisahkan perjalanan Mario, Bowser, Peach, Mallow, dan Geno dalam upayanya untuk menyelamatkan Star Road dari kelompok jahat Smithy Gang.

Dari segi mekanisme permainan, "Super Mario RPG' mengusung gameplay turn-based RPG (Role-Playing Game) alias berbasis giliran.

Jadi, dapat dikatakan bahwa cara bermainnya mirip seperti game "Final Fantasy" lawas atau "Pokemon", yang mana pemain harus memikirkan strategi terlebih dahulu sebelum melakukan serangan. Setelah menyerang, gamers harus menunggu musuh melakukan pembalasan.

Adapun remake ini bakal tersedia pada 17 November mendatang.

Mario bukan satu-satunya karakter yang mendapatkan perhatian dari Nintendo. Buktinya, Nintendo juga mengumumkan game baru untuk Luigi, Peach, serta Wario.

Pemain nantinya bisa menikmati kembali keseruan "Luigi's Mansion: Dark Moon", yang pertama kali menyambangi konsol Nintendo 3DS pada 2023.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com