Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Dikira Down, Ternyata Ulah Elon

Kompas.com - 02/07/2023, 10:13 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna Twitter di sempat mengeluhkan Twitter down atau mengalami gangguan sejak Sabtu malam, termasuk di Indonesia.

Kendala yang dilaporkan adalah seputar permasalahan pada situs web, aplikasi, dan koneksi server.

Pada Sabtu (1/6/2023) malam, KompasTekno juga sempat tidak dapat mengakses laman Twitter dan melihat kolom komentar. Halaman Home Twitter juga tidak dapat memunculkan twit baru.

Usut punya usut, ternyata hal itu bukan dikarenakan Twitter down, melainkan ulah Elon Musk yang membuat kebijakan baru Twitter yang membatasi pengguna melihat jumlah postingan dalam sehari.

Baca juga: Twitter Batasi Jumlah Twit yang Bisa Dibaca Tiap Hari

Elon Musk selaku pemilik Twitter mencuitkan melalui akun pribadinya pada Minggu (2/7/2023) dini hari WIB, bahwa jumlah postingan maksimal yang bisa dilihat kini akan dibatasi.

Hal itu dilakukan akibat tingginya tingkat scraping data atau esktrasi data yang dilakukan perusahaan atau organisasi dari Twitter.

“Guna mengatasi ekstremnya tingkat data esktraksi dan manipulasi sistem, kami menerapkan pembatasan twit secara sementara,” ujar bos Twitter tersebut dalam kicauannya.

Awalnya, Musk menulis jumlah postingan maksimal yang bisa dilihat setiap hari adalah 6.000 cuitan untuk pelanggan Twitter Blue. Sedangkan pengguna reguler (unverified/tanpa centang biru) hanya 600 twit setiap hari.

Baca juga: Twitter Mulai Paksa Pengguna Login atau Bikin Akun Baru untuk Melihat Twit

Terakhir, pengguna yang baru saja mendaftar di Twitter dan bukan pelanggan berbayar (new unverified), hanya dapat membaca twit lebih sedikit, yakni 300 postingan setiap harinya.

Belakangan, jumlah twit maksimal yang bisa dilihat tiap harinya itu ditingkatkan menjadi 10.000 (Blue), 1.000 (unverified), dan 500 (new unverified account).

Dikira down

Sistem di Twitter menuliskan “Cannot retrieve the tweet. Check your internet connection” alias “Twitter sedang tidak dapat memulihkan (memunculkan) twit. Segera periksa kembali koneksi jaringan internet Anda”.

Baca juga: Curhatan Pendiri Twitter Lihat Kelakuan Elon Musk

Padahal, saat itu kondisi internet sedang tidak bermasalah, masih dapat mengakses media sosial yang lain ataupun berselancar di internet.

Topik yang paling banyak dibahas di Twitter, alias trending hari ini, Minggu (2/6/2023) pagi adalah “Twitter Kenapa”. Sejumlah pengguna melontarkan keluhan dan komentar karena tidak dapat mengakses twit dalam kurun waktu yang cukup lama.

“Twitter kenapa sih? bisa nge-tweet doang tapi gabisa liat beranda, di-refresh tetep gabisa mulu. Apa punyaku doang? Kalian gimana?, ujar salah satu akun.

Beberapa di antara mereka juga ada yang mengomentari kebijakan Elon Musk yang baru soal pembatasan twit tiap pengguna

Beberapa yang lain menyebut akan beralih ke media sosial lain karena Twitter disebut tidak lagi “seasik” dan “seseru” dulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com