Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Caviar Bikin Apple Vision Pro Berbalut Emas, Harganya Rp 600 Juta

Kompas.com - 03/07/2023, 12:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Perusahaan barang mewah asal Rusia yang kerap memodifikasi perangkat teknologi, Caviar, memperkenalkan produk terbarunya. Kali ini, Caviar mengumumkan hasil modifikasi headset augmented reality/virtual reality (AR/VR) Apple Vision Pro.

Produk tersebut dinamai Apple Vision Pro Caviar Edition (CVR Edition) dan hadir dengan sejumlah elemen desain yang lebih mewah dibanding Vision Pro "reguler". 

Bagian depan kacamata perangkat ini berbalut emas 18 karat (18K). Di Apple Vision Pro versi biasa, kacamata yang dilapisi gelas ini berwarna hitam. 

Selain di bagian kacamata, beberapa komponen Vision Pro CVR Edition lainnya, seperti sejumlah tombol dan pengait tali, juga memiliki material emas. Secara total, Caviar mengeklaim ada lebih dari 1,5 kg emas yang ada di perangkat ini. 

Baca juga: Harga Asli Vision Pro Rp 22 Juta, Apple Jual Rp 52 Juta

Selain dibalut dengan emas, Vision Pro Caviar Edition juga dibekali tali pengait headset dengan material kulit berjenis "Connoly". Konon, material kulit jenis ini lumrah dipakai di lingkungan Kerajaan Inggris dan berbagai produk mewah Rolls Royce. 

Ilustrasi tali pengait headset Apple Vision Pro Caviar Edition.GSMArena Ilustrasi tali pengait headset Apple Vision Pro Caviar Edition.
Tak hanya mewah, tali pengait berbahan dasar Connoly tersebut juga diklaim akan membuat pengguna yang memakai Vision Pro CVR Edition jauh lebih nyaman, terlebih ketika perangkat dipakai dalam waktu yang cukup lama. 

Kenyamanan pengguna memakai Vision Pro CVR Edition juga hadir melalui fitur EyeSight ekstra yang diklaim bisa menjaga privasi pengguna. 

Sebab, di perangkat ini, pengguna bisa menonaktifkan fitur EyeSight. Sehingga, kacamata tidak akan berubah menjadi transparan ketika perangkat mendeteksi ada orang di sekitar atau pemakai Vision Pro sedang tidak sibuk.

Terlepas dari fitur Eye Sight ekstra ini, kemampuan dan fitur Vision Pro Caviar Edition lainnya serupa dengan Vision Pro versi biasa.

Baca juga: Saham Apple Pecahkan Rekor berkat Headset AR Vision Pro

Nah, di pasar global, Apple Vision Pro Caviar Edition dijual dengan harga lebih dari 10 kali lipat dari Vision Pro biasa, yaitu 39.900 dollar AS atau sekitar Rp 600 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Senin (3/7/2023). 

Perangkat ini akan dijual dalam jumlah terbatas, tepatnya hanya 24 unit saja di seluruh dunia. Untuk ketersediaan, Caviar berencana menjual Vision Pro Caviar Edition sekitar Juli-September 2024 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com