Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai TweetDeck Harus Bayar Mulai Agustus, Berapa?

Kompas.com - 04/07/2023, 15:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Twitter mulai membatasi jumlah cuitan (twit) yang bisa dilihat pengguna per harinya. Kebijakan ini turut menyeret layanan lain yang berkaitan dengan Twitter seperti TweetDeck.

TweetDeck adalah layanan desktop streamreader atau pengelola aliran twit resmi dari Twitter. Seiring dengan kebijakan baru Twitter, pengguna Twitter gratis tak bisa lagi memakai layanan TweetDeck secara cuma-cuma.

Pasalnya, Twitter merilis versi baru TweetDeck atau disebut TweetDeck 2.0 yang hanya bisa dipakai oleh pengguna Twitter dengan lencana (badge) verifikasi.

Baca juga: TweetDeck Tak Lagi Gratis, Pengguna Wajib Langganan Twitter Blue

Adapun untuk mendapatkan verifikasi tersebut, pengguna harus berlangganan Twitter berbayar atau disebut Twitter Blue. Opsi lainnya yang bisa mendapat verifikasi atau centang, yaitu akun publik figur dan lain sebagainya.

Singkatnya, pengguna Twitter gratisan atau pengguna dengan akun tanpa centang, wajib berlangganan Twitter Blue bila ingin memakai TweetDeck. Jadi berapa biaya yang diperlukan untuk memakai TweetDeck?

Harga langganan Twitter Blue

Seperti dijelaskan di atas, TweetDeck 2.0 hanya bisa diakses oleh pengguna Twitter Blue atau pengguna dengan akun terverifikasi/centang. Adapun untuk berlangganan Twitter Blue, Twitter memasang biaya bulanan atau langganan tahunan.

Baca juga: Sama-sama Jual Centang Biru, Ini Beda Meta Verified dan Twitter Blue

Di Indonesia, Twitter Blue versi web dipatok dengan harga Rp 120.000 per bulan, atau Rp 1,25 juta per tahun. Sedangkan pengguna Android dan iOS dikenakan harga Rp 165.000 per bulan. Berikut cara daftarnya.

Cara daftar Twitter Blue

  • Buka akun Twitter Anda di twitter.com
  • Login menggunakan username/e-mail dan password akun Twitter
  • Menuju ke panel menu sebelah kiri dan klik “Twitter Blue”
  • Klik “Subscribe”
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan pada metode pembayaran. Apabila melalui web pembayaran hanya tersedia dengan menggunakan kartu kredit. Sedangkan pengguna mobile dapat memiliki metode pembayaran yang bervariasi. Salah satunya melalui e-wallet
  • Setelah konfirmasi pembayaran kini Anda sudah berlangganan Twitter Blue

cara daftar twitter blueKompas.com/soffyaranti cara daftar twitter blue

Dengan mendaftar dan membayar biaya di atas, pengguna bakal bisa mengakses TweetDeck versi baru.

Masih bisa diakses gratis

Meski diumumkan berbayar, saat ini pengguna Twitter gratisan masih bisa menikmati TweetDeck secara gratis dalam 30 hari ke depan mulai dari hari ini, Selasa (4/7/2023).

Namun mereka tak bisa lagi mengakses TweetDeck sebulan setelahnya, atau pada Kamis (3/8/2023).

Versi TweetDeck yang dinikmati pengguna gratisan saat ini adalah TweetDeck Preview. Saat ini, pihak Twitter mengatakan bahwa mereka sedang melakukan migrasi pengguna dari TweetDeck lama ke versi baru.

Pengguna bisa menjajal versi baru TweetDeck dengan mengeklik tombol "Try the new TweetDeck" yang ada di situs tweetdeck.twitter.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com