Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Fitur Aplikasi Baru Threads, Mirip Twitter tapi Rasa Instagram

Kompas.com - 06/07/2023, 14:15 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Threads, aplikasi baru bikinan Meta (induk perusahaan Facebook, WhatsApp, dan Instagram) resmi dirilis ke publik mulai hari ini, Kamis (6/7/2023).

Threads merupakan media sosial baru Meta yang mirip Twitter. Aplikasi itu kini sudah bisa diunduh melalui Play Store maupun App Store.

Meski dirancang mirip Twitter, Threads masih terkait dengan Instagram (IG), sesuai dengan slogan aplikasinya "Threads, an Instagram app".

Pantauan KompasTekno, Threads bak perkawinan Twitter dan Instagram. Pasalnya, Threads mengusung konsep ala Twitter, tetapi tampilannya seperti Instagram.

Fitur yang ditawarkan Threads juga mirip dengan Twitter, misalnya fitur yang mirip "retweet" dan fitur membuat utas (thread). Berikut ulasan fitur-fitur Threads,

Baca juga: Threads, Aplikasi Mirip Twitter Buatan Pendiri Facebook Resmi

Fitur ala Twitter tapi "DNA" Instagram

Tampilan utama Threads mirip seperti Twitter. Disebut mirip karena logo Threads ditempatkan di atas tampilan, sebagaimana Twitter. Selain itu, aneka tab juga diposisikan di bawah tampilan utama, meskipun deretan tab-nya agak berbeda antara Threads dengan Twitter.

Di Threads, pengguna akan mendapati lima tab dengan masing-masing ikon yang berbeda. Kelimanya meliputi tab Home atau beranda, tab Search, tab New Thread untuk memposting konten/thread, tab Activity hingga Profile.

Secara umum, tampilan ikon di Threads sama seperti di Instagram, hanya saja fungsinya dibuat mirip Twitter.

Bisa repost thread ke IG Stories

Feed di Threads menampilkan aneka postingan dari semua pengguna, bahkan pengguna yang tidak diikuti (follow). Konsep ini sama seperti Twitter sebelum menyediakan opsi untuk menampilkan twit dari akun yang diikuti saja.

Seperti di Twitter, setiap thread (sebutan untuk postingan Threads, seperti tweet di Twitter) yang muncul di feed juga dilengkapi dengan aneka ikon fitur, mulai dari tombol likes (disukai), komentar, repost (bagikan ulang), dan fitur share (bagikan).

Tampilan dan fitur Threads, media sosial Meta yang mirip TwitterKompas.com/Lely Maulida Tampilan dan fitur Threads, media sosial Meta yang mirip Twitter

Fitur-fitur itu bisa dipakai pengguna untuk menyukai thread, berkomentar, memposting ulang hingga mengirimnya ke platform lain.

Konsep ini sama seperti di Twitter, hanya saja penamaannya agak sedikit berbeda. Misalnya pada ikon repost yang fungsinya sama seperti retweet di Twitter. Adapun ikon share memungkinkan pengguna untuk membagikan suatu thread ke platform lainnya, termasuk ke Twitter, WhatsApp dan lain sebagainya.

Baca juga: Mengenal Threads, Aplikasi Media Sosial Baru Buatan Facebook yang Mirip Twitter

Menariknya, pengguna juga bisa membagikan thread ke IG Stories atau IG Feed. Nantinya, konten terkait bakal dihias dengan background bernuansa Threads seperti gambar di bawah ini.

Konten di Threads bisa dibagikan via Instagram Feed (tengah) atau Instagram Stories (kanan)Kompas.com/Lely Maulida Konten di Threads bisa dibagikan via Instagram Feed (tengah) atau Instagram Stories (kanan)

Selain aneka ikon fitur, setiap thread juga dilengkapi dengan keterangan jumlah komentar serta jumlah likes. Bedanya dengan Twitter, Threads tidak menampilkan keterangan berapa kali suatu thread diliat oleh pengguna.

Cari akun pengguna lain

Pada tab Search di Threads, pengguna akan mendapati kolom pencarian. Namun, kolom ini hanya bisa dipakai untuk mencari akun pengguna saja, bukan mencari topik atau kata kunci tertentu seperti fungsi Search di Twitter. Namun, bukan tidak mungkin, Meta akan mengubah fungsinya lebih luas lagi mirip Twitter.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com