Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Menjajal Threads, Apakah Seseru Twitter?

Kompas.com - 06/07/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Hari ini, Kamis (6/7/2023), Threads resmi dirilis. Threads adalah aplikasi media sosial baru dengan layanan percakapan berbasis teks. Threads juga bisa dibilang merupakan aplikasi microblogging (berbagi konten berisi pesan teks singkat).

Threads dikembangkan langsung oleh tim Instagram. Kedatangan Threads hari ini tampaknya telah ditunggu-tunggu pengguna. Threads digadang-gadang mampu menyaingi aplikasi dengan layanan serupa punya Elon Musk, yaitu Twitter.

Baca juga: Mengenal Threads, Aplikasi Media Sosial Baru Buatan Facebook yang Mirip Twitter

Threads dinanti tak lepas karena kebijakan Twitter yang belakangan ini cukup mengecewakan banyak pengguna. Sebagaimana sempat diberitakan, Twitter beberapa hari lalu menerapkan kebijakan pembatasan jumlah twit yang bisa dibaca per hari.

Dengan dirilisnya Threads, apakah Twitter benar-benar mendapatkan pesaing? Kami telah mencoba Threads. Bila tertarik untuk mengetahui hasilnya, simak cerita pengalaman kami mencoba Threads di bawah ini.

Alasan Threads lebih seru ketimbang Twitter

Secara umum, fitur dan tampilan Threads mirip dengan Twitter. Di Threads, terdapat halaman linimasa untuk melihat postingan semua pengguna. Kemudian, di tiap postingan itu, terdapat tombol “Reply”, “Like”, “Repost/Quote”, dan “Share”.

Selain itu, terdapat pula fitur untuk filter agar tidak menampilkan postingan dengan kata-kata tertentu di linimasa dan masih banyak lagi fitur Threads yang mirip dengan Twitter.

Namun, meski bisa dibilang mirip, dari hasil mencoba Threads, kami menemukan tiga hal yang bisa jadi alasan Threads lebih seru ketimbang Twitter. Adapun tiga hal yang membuat Threads lebih seru ketimbang Twitter itu adalah sebagai berikut:

Suara orang biasa bisa muncul di linimasa publik

Tampilan linimasa publik Threads di mana postingan pengguna biasa masih bisa dijumpai dengan mudah.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan linimasa publik Threads di mana postingan pengguna biasa masih bisa dijumpai dengan mudah.

Pertama, suara atau postingan orang biasa yang belum terverifikasi (centang biru) masih bisa dengan mudah muncul di linimasa publik Threads. Postingan pengguna dengan jumlah pengikut yang masih sedikit pun bisa muncul dengan mudah di linimasa publik.

Baca juga: 2 Jam Dirilis, Pengguna Threads Instagram Langsung Tembus 2 Juta

Keterbukaan linimasa ini membuat Threads menjadi lebih seru dibanding Twitter. Pengguna jadi bisa mendapatkan atau membaca postingan dari berbagai pengguna. Beda dengan di Twitter, postingan dari pengguna terverifikasi atau Twitter Blue lebih diprioritaskan.

Postingan dengan karakter yang lebih panjang

Hal berikutnya yang seru dari Threads adalah semua pengguna bisa membuat postingan dengan panjang 500 karakter. Sementara itu, di Twitter, pengguna harus berlangganan Twitter Blue untuk bisa membuat postingan dengan karakter yang lebih panjang.

Pengguna biasa yang tidak terverifikasi di Twitter hanya bisa membuat postingan sepanjang 280 karakter. Sedangkan pengguna yang berbayar atau berlangganan Twitter Blue, mereka bisa membuat postingan hingga 4.000 karakter.

Belum ada iklan

Ketiga, Threads saat ini belum menyediakan layanan iklan. Sehingga, pengguna bisa lebih lega dalam membaca postingan dari para pengguna tanpa ada sisipan iklan seperti yang biasa muncul di Twitter.

Tak perlu membuat akun baru

Tampilan proses login Threads yang terhubung dengan Instagram.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan proses login Threads yang terhubung dengan Instagram.

Untuk mengakses Threads, pengguna tak perlu membuat akun baru. Threads terhubung dengan Instagram. Jadi, pengguna bisa memakai akun Instagram untuk login di Threads. Selain itu, pengguna juga bisa mengimpor profil akun Instagramnya ke Threads.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com