Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sama-sama Mikroblog, Ini Beda Threads dengan Twitter

Kompas.com - 06/07/2023, 15:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Threads resmi diluncurkan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Threads merupakan aplikasi mikroblog baru mirip Twitter, yang dibuat oleh Mark Zuckerberg, pendiri Meta (induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram).

Secara umum, Threads memiliki fungsi utama yang sama seperti Twitter, yaitu sebagai layanan mikroblog di mana pengguna bisa melakukan percakapan tentang berbagai hal dengan berbasis teks dengan elemen pendukung gambar dan video.

Di samping itu, fitur-fitur yang dibawa Threads juga mirip dengan Twitter. Namun, sebagai aplikasi "senior", Twitter sudah memiliki fitur yang jauh lebih beragam.

Baca juga: Pengalaman Menjajal Threads, Apakah Seseru Twitter?

Berikut KompasTekno rincikan 11 perbedaan Threads dengan Twitter.

1. Cara akses

Perbedaan pertama adalah cara pengguna mengakses layanan. Pengguna Twitter bisa mengakses layanan Twitter dengan banyak cara.

Misalnya, lewat situs twitter.com, aplikasi Twitter, serta aplikasi pihak ketiga macam TweetDeck, TweetCaster, Hootsuite, Owly, dan masih banyak lainnya.

Sementara Threads hanya bisa diakses lewat aplikasi Threads yang ada di toko aplikasi Google Play Store di link ini dan Apple App Store di link ini.

2. Akun

Di Twitter, pengguna bisa membuat akun baru dengan nama pengguna (username/handle) sesuai pilihannya, meski tergantung dengan ketersediaan. Username di Twitter diwakilkan dengan simbol "@", misalnya @janedoe.

Berbeda dengan Twitter, pengguna Threads hanya bisa mengimpor akun yang sudah dibuat lewat aplikasi Instagram. Artinya, pengguna tidak bisa membuat akun baru di aplikasi Threads.

Hal ini bisa terbilang wajar lantaran aplikasi ini hadir dengan slogan "Threads, an Instagram app" (Threads, aplikasi Instagram).

Karena menggunakan akun Instagram, nama pengguna Threads juga otomatis mengikuti Instagram. Yang berbeda, username di Threads tidak menganut simbol "@", melainkan seperti nama domain, yakni "janedoe.threads.net".

Nama itu muncul di halaman profil pengguna. Namun, pengguna cukup memasukkan nama pengguna tanpa "threads.net" ketika melakukan pencarian akun di kolom search.

3. Dominasi warna

Salah satu perbedaan yang paling mencolok di antara Threads dan Twitter adalah dominasi warna yang digunakan pada aplikasi.

Twitter sangat identik dengan warna biru. Sedangkan, Threads didominasi dengan warna hitam dan putih saja. Warna biru digunakan untuk ikon verified (centang biru) dan ketika menyebut (mention) akun lain.

4. Opsi timeline

Threads memiliki timeline yang random. Sedangkan Twitter memiliki dua opsi timeline, yaitu For You dan Following.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Threads memiliki timeline yang random. Sedangkan Twitter memiliki dua opsi timeline, yaitu For You dan Following.
Sekilas, linimasa (timeline) di Threads dan Twitter terlihat sama. Namun, sebenarnya ada sejumlah perbedaan. Salah satunya opsi melihat linimasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com