Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Top Up Kartu JakLingko via Aplikasi JakOne Mobile, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 09/07/2023, 13:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna perlu mengetahui cara top up JakLingko. Sebab, saldo yang cukup di kartu JakLingko dibutuhkan agar pengguna dapat menaiki transportasi publik di Jakarta. Kartu JakLingko merupakan alat pembayaran transportasi publik di Jakarta.

Transportasi publik di Jakarta yang memakai pembayaran dengan kartu JakLingko, antara lain seperti transjakarta, MRT, dan angkot mikrotrans. Pengguna harus memiliki saldo yang cukup pada kartu JakLingko jika hendak menaiki transportasi tersebut.

Baca juga: Cara Beli Tiket MRT Jakarta via Blu BCA, Mulai 1 Juli Tak Bisa Pakai OVO atau Gopay

Top up atau isi saldo JakLingko bisa dilakukan melalui berbagai cara, misal melalui mesin tiket (vending machine) yang terdapat di halte atau stasiun transit. Kemudian, bisa juga melalui toko retail yang bekerja sama dengan JakLingko.

Selain itu, terdapat lagi satu cara top up JakLingko yang lebih mudah, yaitu melalui aplikasi JakOne Mobile atau mobile banking dari Bank DKI. Dengan JakOne Mobile, pengguna bisa isi saldo JakLingko kapan pun dan dimana pun.

Lantas, bagaimana cara isi saldo JakLingko melalui JakOne Mobile? Cara top up JakLingko dengan aplikasi JakOne Mobile itu cukup mudah. Bila tertarik untuk menggunakannya, berikut adalah penjelasan cara top up JakLingko dengan JakOne Mobile.

Cara top up JakLingko dengan JakOne Mobile

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah pastikan telah memiliki aplikasi JakOne Mobile di ponsel. Bila belum punya, silakan unduh dulu aplikasi JakOne Mobile melalui Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

Kemudian, hal kedua yang perlu dipersiapkan juga adalah pastikan telah memiliki rekening bank DKI. Rekening tersebut bakal menjadi akun JakOne Mobile. Bila belum punya, pengguna bisa langsung mendaftar di JakOne Mobile dengan mudah.

Pendaftaran rekening hanya membutuhkan pengisian data diri, foto KTP, dan verifikasi wajah. Setelah terdafar, pengguna bakal diberikan akun untuk login JakOne Mobile. Jika dua hal di atas telah disiapkan, cara top up JakLingko via JakOne Mobile adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi JakOne Mobile dan pastikan telah login akun.
  • Bila berhasil masuk, klik menu “Uang Elektronik” yang tertera di halaman awal aplikasi.
  • Kemudian, pilih menu “JakCard” dan klik opsi “Cek Saldo”.
  • Selanjutnya, tempelkan kartu JakLingko di bagian belakang ponsel yang memiliki fitur NFC.
  • Setelah terdeteksi, silakan mulai isi saldo JakLingko.
  • Masukkan nominal saldo JakLingko yang hendak dibeli.
  • Pilih metode pembayaran saldo JakLingko.
  • Masukkan pin JakOne Mobile
  • Jika pembayaran berhasil, klik opsi “Perbaharui Saldo Anda”.
  • Terakhir, tempelkan kembali kartu JakLingko untuk melihat saldo sudah masuk atau belum.

Ilustrasi cara top up JakLingko via JakOne Mobile.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara top up JakLingko via JakOne Mobile.

Cukup mudah bukan cara top up JakLingko dengan aplikasi JakOne Mobile? Isi saldo JakLingko dengan cara ini dapat memudahkan pengguna. Pengguna jadi tak perlu repot mengunjungi vending machine untuk isi saldo JakLingko.

Baca juga: Mulai 1 Juli, Ini Cara Beli Tiket MRT Jakarta Terbaru, Tak Bisa Lagi Pakai OVO atau Gopay

Demikianlah penjelasan mengenai cara top up JakLingko dengan aplikasi JakOne Mobile. Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada aplikasi JakOne Mobile di iPhone. Beda platform untuk mengakses mungkin beda pula langkahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com