Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Baterai Poco F5, Tahan Lama dan Charging Kencang

Kompas.com - 11/07/2023, 13:21 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Poco F5 mendapat peningkatan luar-dalam dibandingkan Poco F4 pendahulunya. Salah satu spesifikasi yang naik adalah kapasitas baterai, dari sebelumnya 4.500 mAh menjadi 5.000 mAh.

Selain bertenaga besar, chip Snapdragon 7 Plus Gen 2 yang tertanam di jantung ponsel ini ternyata juga efisien daya. Walhasil, daya tahan baterai Poco F5 pun bisa diandalkan untuk penggunaan sehari-hari.

Menurut pengalaman KompasTekno mengujinya, Poco F5 bisa bertahan menemani aktivitas sehari penuh, mulai dari browsing, membuka medsos, dan sejenak bermain game. Hingga malam hari masih ada sebagian kecil kapasitas baterai yang tersisa.

Hasil pengujian daya tahan baterai Poco F5 lewat aplikasi PC Mark Work 3.0 battery lifeKOMPAS.com/ OIK YUSUF Hasil pengujian daya tahan baterai Poco F5 lewat aplikasi PC Mark Work 3.0 battery life
Baca juga: Poco F5 Resmi, HP Snapdragon 7 Plus Gen 2 Pertama di Indonesia

Daya tahan baterai Poco F5 ikut tercermin dalam hasil pengujian PC Mark Work 3.0 battery life, di mana ponsel ini mencatat skor 15 jam dan 19 menit.

Tentu saja penggunaan baterai akan berbeda-beda antar pengguna, tergantung kebiasaan masing-masing.

Apabila sering menjalankan aplikasi berat atau game dengan setting grafis tinggi, pemakaian daya tentu akan lebih boros sehingga berimbas pada daya tahan.

Untungnya, saat butuh mengisi baterai, Poco F5 bisa melakukan charging dengan relatif cepat pula.

Seberapa cepat charging baterai Poco F5?

Poco menyediakan sebuah charger dengan keluaran daya sebesar 67 watt di alam kemasan Poco F5, lengkap dengan kabel (USB A ke USB C) yang sesuai untuk melakukan fast charging.

Baca juga: Poco F5: Harga dan Spesifikasi di Indonesia

Poco F5 memang mendukung pengisian baterai cepat dengan daya 67 watt. Angka tersebut masih sama dengan pendahulunya, serta lebih rendah dibanding ponsel-ponsel kelas atas yang dukungan dayanya bisa dua kali lebih tinggi.

Dengan charger 67 watt, Poco F5 bisa mengisi sepertiga kapasitas baterainya hanya dalam waktu 10 menit. Kapasitas 85 persen tercapai dalam setengah jam. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Dengan charger 67 watt, Poco F5 bisa mengisi sepertiga kapasitas baterainya hanya dalam waktu 10 menit. Kapasitas 85 persen tercapai dalam setengah jam.
Meski demikian, kecepatan charging dengan pengisi daya dan kabel bawaan ini ternyata masih tergolong cepat.

Berdasarkan pengujian KompasTekno, dari kondisi kosong, baterai Poco F5 bisa terisi 30-an persen atau sekitar sepertiganya dalam waktu hanya 10 menit.

Memasuki menit ke-15, nyaris setengah kapasitas baterai sudah terisi. Menit ke-30 mencatat pengisian 85 persen. Kemudian, di menit ke-50, baterai Poco F5 sudah mencapai full charge.

Dengan demikian, daya tahan baterai dan kecepatan charging agaknya tidak akan menjadi masalah untuk pemilik Poco F5.

Dari kondisi kosong, baterai Poco F5 full charge dalam 50 menit. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Dari kondisi kosong, baterai Poco F5 full charge dalam 50 menit.

Spesifikasi dan harga Poco F5

Di luar urusan daya, spesifikasi lain dari ponsel ini terbilang mumpuni dan kompetitif untuk kelas harganya yang berada di kisaran 5 jutaan.

Chip Snapdragon 7 Plus Gen 2 Poco F5 dipadukan dengan RAM LPDDR5 berkapasitas 8 GB atau 12 GB, berikut storage UFS 3.1 256 GB.

Rangkaian kameranya terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.8, OIS), kamera ultra wide 8 MP (f/2.2), kamera macro 2 MP (f/2.4) dan kamera depan 16 MP (f/2.5).

Baca juga: Hands-on Poco F5, HP Spek Tinggi Harga Murah

Sistem operasinya sudah menggunakan Android 13 dengan antarmuka MIUI 14. Seperti Poco F4 sebelumnya, bodi Poco F5 tahan air dengan debu dengan sertifikasi IP 53.

Menariknya, meskipun memiliki baterai lebih besar dari Poco F4, bobot Poco F5 justru lebih ringan di kisaran 181 gram, dibandingkan sekitar 195 gram untuk pendahulunya.

Di Indonesia, Poco F5 dipasarkan seharga Rp 4.999.000 untuk varian 8 GB/ 256 GB dan Rp 5.499.000 untuk versi 12 GB/ 256 GB. Pilihan warna yang tersedia adalah hitam, biru, dan putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com