Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Game Berat di Poco F5, Hasilnya "Rata Kanan" Bukan Masalah

Kompas.com - 08/07/2023, 19:16 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Poco F5 telah resmi meluncur di Indonesia. Ponsel papan tengah ini tersedia dalam dua varian memori, yakni 8 GB/256 GB seharga Rp 4.999.000 dan 12 GB/256 GB dengan banderol Rp 5.499.000.

Meskipun masuk kategori mid-range, kinerja Poco F5 diklaim bisa menjalankan sejumlah game populer.

Chip Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2 yang tertanam di Poco F5 diklaim bisa menghasilkan tenaga lebih dari cukup untuk bermain game dengan setting tertinggi sekalipun.

Baca juga: Poco F5 Resmi, HP Snapdragon 7 Plus Gen 2 Pertama di Indonesia

Untuk membuktikan klaim tersebut, KompasTekno menguji varian 12 GB/ 256 GB dari Poco F5.

Opsi pengaturan via aplikasi Game Booster

Aplikasi game turbo (atas) menyediakan berbagai opsi pengaturan mulai rendering grafis hingga respon input sentuhan. Sidebar Game Turbo bisa dipanggil saat bermain untuk mengatur sejumlah setting ataupun melakukan screenshot dan screen record.KOMPAS.com/ MOCHAMAD HILDAN FARROS Aplikasi game turbo (atas) menyediakan berbagai opsi pengaturan mulai rendering grafis hingga respon input sentuhan. Sidebar Game Turbo bisa dipanggil saat bermain untuk mengatur sejumlah setting ataupun melakukan screenshot dan screen record.
Seperti ponsel Poco lainnya, F5 datang dengan aplikasi Game Booster yang berfungsi sebagai hub dengan menyatukan semua game yang terpasang.

Terdapat sejumlah pengaturan yang bisa diubah secara independen untuk masing-masing game, termasuk tingkat sensitivitas input sentuhan di layar dan luas touch resistant area di pojok kiri dan bawah untuk menghindari input yang tidak disengaja.

Baca juga: Memegang dan Melihat Smartphone Poco F5 dari Berbagai Sisi

Selain itu, ada pula opsi pengaturan rendering grafis oleh GPU untuk lebih memprioritaskan kinerja atau kualitas tampilan. Bisa juga diatur agar kedua aspek tersebut seimbang.

Menu sidebar Game Turbo dapat dipanggil ketika bermain dengan cara swiping ke arah dalam di pojok kiri atas layar.

Di sini terdapat sejumlah tool pendukung kegiatan bermain, seperti pengambilan screenshot dan screen record, pengaturan tingkat kecerahan layar, hingga voice changer.

Kinerja game Mobile Legends: Bang-bang

Game Mobile Legends: Bang-bang bisa dijalankan dengan setting tertinggi oleh Poco F5, baik untuk grafis maupun refresh rate (atas). Ketika bermain, refresh rate layar terlihat berada di angka 120 Hz sementara frame rate tak jauh berbeda.KOMPAS.com/ MOCHAMAD HILDAN FARROS Game Mobile Legends: Bang-bang bisa dijalankan dengan setting tertinggi oleh Poco F5, baik untuk grafis maupun refresh rate (atas). Ketika bermain, refresh rate layar terlihat berada di angka 120 Hz sementara frame rate tak jauh berbeda.
Mobile Legends: Bang-bang adalah salah satu game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) terpopuler di ranah mobile. Game ini tergolong ringan sehingga tidak mengherankan bahwa Poco F5 bisa menjalankannya dengan lancar.

Yang menarik, Poco F5 sanggup menjalankan Mobile Legends dalam setting tertinggi, baik untuk kualitas grafis maupun refresh rate.

Ketika memilih tampilan "Ultra" untuk grafis dan refresh rate, Mobile Legends berjalan mulus dengan refresh rate 120 Hz, sementara frame rate hampir selalu mendekati 120 fps sehingga mampu mengimbangi.

Baca juga: 9 Fitur Unggulan Poco F5, Ada Chip Anyar dan RAM Besar hingga 19 GB

War yang ramai di layar dengan aneka efek visual tidak banyak berpengaruh pada kinerja karena frame rate tetap bertahan di kisaran 110-120 fps.

Touch sampling rate Poco F5 memang hanya 240 Hz atau hanya setengah dari "kakaknya", Poco F5 Pro, atau ponsel flagship Xiaomi 12.

Namun sedikit kekurangan itu tidak terasa. Semua input dapat direspon dengan gesit tanpa ada kesan keterlambatan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com