Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mengatasi Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Kompas.com - 11/07/2023, 18:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saat mendaftar pertama kali atau login kembali ke akun WhatsApp, umumnya pengguna akan menerima kode verifikasi. Kode verifikasi WhatsApp biasanya akan diterima pengguna melalui SMS. Kode ini berguna untuk memverifikasi identitas pengguna saat mendaftar atau mengakses akun WhatsApp.

Sifat kode verifikasi ini rahasia. Maka dari itu, saat pengguna menerimanya, diharapkan untuk tidak menyebarluaskan maupun membagikannya. Biasanya pengguna akan menunggu beberapa detik hingga menerima kode enam digit tersebut.

Namun, tak jarang terdapat berbagai masalah, yaitu kode verifikasi tidak segera muncul. Masalah ini biasanya disebabkan oleh kemungkinan berbagai faktor, mulai dari salah kode wilayah atau nomor, jaringan operator seluler yang tidak stabil, dan lainnya.

Untuk membantu mengatasi hal ini, berikut ini KompasTekno merangkum beberapa cara yang bisa Anda coba.

Baca juga: 5 Tips dari Pakar untuk Menghindari Penipuan Kerja Freelance di WhatsApp

Periksa kembali kode wilayah dan nomor ponsel

Saat membuka WhatsApp, aplikasi biasanya secara otomatis mendeteksi wilayah dan menampilkan kode nomor negara sesuai dengan wilayah Anda. Selanjutnya, Anda memasukkan nomor telepon.

Bisa jadi kode verifikasi yang tidak muncul disebabkan oleh salah ketik nomor ponsel sehingga kode tidak masuk ke kotak masuk Anda. Maka dari itu, pastikan untuk mengecek ulang kode negara dan nomor telepon yang digunakan. Apabila terdapat digit nomor yang salah, maka klik "Edit" dan perbaiki.

Masuk ulang WhatsApp dan buat kode verifikasi kembali

Jika Anda tidak menerima kode verifikasi, maka tutup aplikasi dan masuk ulang ke WhatsApp. Selanjutnya, masukkan ulang nomor telepon dan minta kode akses kembali.

Periksa koneksi jaringan

Cek apakah jaringan operator seluler di wilayah Anda stabil. Apabila sinyal dirasa kurang optimal, bisa jadi itu menjadi penyebab kode verifikasi tidak masuk. Untuk menstabilkannya, Anda bisa mengalihkan ke mode pesawat terlebih dahulu.

Setelah itu, cek kembali apakah sinyal operator seluler sudah stabil dan kirim ulang kode verifikasi WhatsApp.

Cek server WhatsApp

Kode verifikasi yang tidak muncul bisa jadi disebabkan karena WhatsApp sedang mengalami gangguan dari pusat. Anda dapat memeriksa hal ini di situs DownDetector. Apabila WhatsApp sedang mengalami gangguan server, Anda bisa menunggu beberapa saat hingga WhatsApp kembali normal.

Cek kembali kotak masuk

Pesan kode verifikasi dari WhatsApp bisa jadi menumpuk di antara pesan-pesan yang masuk di ponsel Anda. Maka dari itu, Anda bisa mengeceknya dengan lebih teliti di kotak masuk dan cari apakah kode verifikasi sudah Anda terima.

Ganti metode verifikasi

Jika Anda masih mengalami eror dan tidak mendapatkan kode verifikasi WA, maka bisa mengganti metode lain, yaitu dengan menggunakan panggilan tidak terjawab. WhatsApp nantinya akan memberikan panggilan tidak terjawab pada nomor ponsel Anda dan memberikan kode verifikasi WA. Caranya:

  • Buka WhatsApp, masukkan nomor ponsel Anda, dan klik "Next"
  • Kemudian akan ada halaman dengan keterangan "To automatically verify with a missed call to your phone"
  • Selanjutnya, klik "Continue"
  • Setelah itu, WhatsApp akan meminta izin untuk mengakses log panggilan

Update WhatsApp

Apabila kode verifikasi masih saja tidak muncul, bisa jadi terjadi error pada aplikasi. Salah satunya WhatsApp yang masih berada di versi lama. Untuk mengatasinya, pengguna bisa melakukan pembaruan ke versi terbaru di toko aplikasi Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Baca juga: Kenapa Telepon WhatsApp Menghubungkan Ulang padahal Jaringan Bagus?

Demikian cara mengatasi kode verifikasi WhatsApp yang tidak muncul di HP. Semoga membantu.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com