Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Telepon WhatsApp Menghubungkan Ulang padahal Jaringan Bagus?

Kompas.com - 02/07/2023, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp atau biasa disingkat WA menjadi aplikasi pesan instan pilihan masyarakat untuk komunikasi sehari-hari. Namun dalam kondisi tertentu tak jarang aplikasi mengalami masalah. Tidak hanya dalam chatting, namun tak jarang pengguna merasakan gangguan saat telepon WA.

Salah satunya telepon WhatsApp terus menghubungkan ulang. Padahal apabila dicek, jaringan operator seluler atau WiFi dalam kondisi stabil. Selain itu, saat Anda memastikan kecepatan internet di situs internet, kondisi siyal cenderung stabil. 

Lantas apa yang menyebabkan WhatsApp menghubungkan ulang padahal jaringan bagus? Hal ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pertama, aplikasi WhatsApp yang tidak diperbarui, sistem operasi HP yang lawas, terjadi bug atau crash aplikasi, hingga server WhatsApp yang sedang down.

Maka dari itu, untuk mengatasi beberapa masalah ini, berikut ini beberapa tutorial mengatasi WhatsApp yang terus menghubungkan padahal jaringan bagus.

Baca juga: Cara Menghapus Data Cache di HP Android

Hapus cache dan restart ponsel

Salah satu faktor yang menyebabkan telepon WhatsApp terus menghubungkan ulang padahal jaringan sedang stabil adalah cache yang menumpuk. Cache ini merupakan kumpulan data sementara yang menumpuk. Cache yang menumpuk bisa menjadi penyebab aplikasi eror.

Untuk mengatasinya, maka hapus cache seperti cara berikut ini:

  • Buka "Setelan/Settings"
  • Pilih "Aplikasi"
  • Klik "Kelola Aplikasi"
  • Cari "WhatsApp"
  • Pilih "Hapus data"
  • Klik "Bersihkan cache"
  • Selanjutnya, buka kembali WhatsApp dan lakukan panggilan ulang kembali
  • Perlu diketahui bahwa cara ini dilakukan pada ponsel Xiaomi Redmi Note 10S

Update aplikasi di toko aplikasi

Anda bisa menuju aplikasi dan mengecek versi aplikasi WhatsApp. Apakah terdapat notifikasi "Update"? Jika iya, maka segeralah melakukan update/pembaruan aplikasi. Versi WhatsApp terbaru bisa jadi akan mengatasi masalah yang sedang terjadi di WA kali ini.

Copot dan instal ulang aplikasi

Selain melakukan update aplikasi di Play Store, Anda juga dapat mencopot dan menginstal ulang aplikasi. Namun, perlu diperhatikan bahwa cara ini akan membuat Anda melakukan login ulang WhatsApp.

Kendati demikian, tak ada salahnya untuk dicoba. Setelah instal dan login ulang, Anda bisa mencoba telepon menggunakan WA kembali.

Cek izin penggunaan akses data internet

Cara mengatasi telepon WA yang menghubungkan ulang padahal jaringan bagus adalah dengan memastikan izin akses penggunaan data internet pada aplikasi yang telah diaktifkan.

Cara mengecek apakah izin akses aplikasi sudah aktif adalah melalui menu pengaturan > aplikasi > kemudian klik "Penggunaan data".

Memperbarui sistem operasi

Salah satu masalah yang terjadi kenapa telepon WhatsApp menghubungkan ulang padahal jaringan bagus, adalah karena terjadi bug atau crash di sistem ponsel Anda. Untuk mengatasinya, cobalah untuk memperbarui sistem operasi ponsel Anda.

  • Buka pengaturan dan menuju "Setelan"
  • Selanjutnya, pilih "Tentang telepon"
  • Kemudian, lakukan perbaruan di ponsel Anda
  • Cara ini bisa jadi berbeda-beda pada setiap ponsel.

Cek gangguan server

Salah satu faktor yang menyebabkan WA eror bisa jadi karena server WhatsApp tengah mengalami gangguan. Anda dapat memastikannya dengan mengecek di https://downdetector.id. 

Situs ini akan menampilkan laporan terkait gangguan yang terjadi pada aplikasi. Apabila memang terjadi gangguan pada server WhatsApp, maka Anda cukup menunggu hingga aplikasi berjalan normal.

Baca juga: Cara Bisukan Telepon dari Nomor Tak Dikenal di WhatsApp secara Otomatis

Itulah beberapa cara mengatasi kenapa telepon WhatsApp menghubungkan ulang padahal jaringan bagus. Anda bisa mencoba salah satu cara di atas. Semoga membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com