Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Video Call di Instagram dan Messenger Kini Bisa Pakai Avatar

Kompas.com - 12/07/2023, 19:15 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Meta resmi meluncurkan fitur baru untuk Instagram dan Messenger hari ini, Rabu (12/7/2023). Fitur baru itu memungkinkan pengguna memakai avatar untuk panggilan video (video call).

Menurut Meta, fitur avatar akan membantu pengguna saat harus video call, tetapi masih dalam kondisi yang kurang kondusif atau belum siap tampil di depan kamera. Misalnya saat rambut masih acak-acakan dan lain sebagainya.

Selain itu, avatar juga bisa menjadi alternatif bila pengguna tak ingin tampil secara langsung, tetapi ingin menunjukkan kehadirannya.

Dengan menggunakan avatar, pengguna akan tampil dalam format animasi menarik. Selebihnya, pengguna bisa mengobrol satu sama lain sebagaimana video call pada umumnya.

"Kita semua pernah mengalaminya, ada telepon masuk tapi rambut masih berantakan. Atau Anda habis menangis. Terkadang kita tidak siap dengan kamera," kata Meta di situs resmi Facebook.

"Bukankah lebih bagus jika ada opsi ketiga selain kamera mati dan kamera aktif agar Anda merasa hadir saat menelepon? Tunjukkan Meta Avatar Anda," lanjut keterangan itu.

Baca juga: Cara Bikin Avatar Instagram agar Punya Dua Foto Profil

Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur avatar untuk membuat panggilan video lebih seru, misalnya saat sedang mengobrol dengan anggota keluarg atau lainnya.

Menurut Meta, fitur avatar untuk panggilan video di Messenger dan Instagram sudah tersedia untuk pengguna iOS dan Android.

Pantauan KompasTekno, fitur avatar untuk video call sudah tersedia di Instagram Indonesia. Namun seperti aneka pembaruan fitur Meta lainnya, tampaknya fitur avatar untuk video call juga tersedia secara bertahap di Indonesia. Pasalnya, sebagian tim KompasTekno juga ada yang belum kebagian fitur tersebut.

Permudah bikin avatar di WhatsApp dan Facebook

Masih soal avatar, Meta juga mengumumkan pihaknya sedang menguji cara agar pengguna bisa lebih mudah membuat avatar di Facebook dan WhatsApp.

Pengguna kini bisa mengambil selfie (swafoto) untuk kemudian "disulap" jadi avatar. Selanjutnya, pengguna bisa memilih opsi avatar yang tersedia. Mereka juga dimungkinkan untuk memoles avatarnya jadi lebih personal.

Baca juga: Cara Membuat Stiker WA dengan Avatar Diri Sendiri

Pembaruan lainnya yaitu berbagi stiker avatar di Instagram, Facebook Stories, Reels, kolom komentar Facebook hingga pesan thread di Messenger dan Instagram.

Ada pula fitur yang disebut "Social Sticker". Fitur ini memungkinkan pengguna menandai teman ke Facebook Stories, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (12/7/2023). Jadi, avatar pengguna dan temannya akan muncul dalam satu stiker sekaligus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com