Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Dapat Mengedit Pesan

Kompas.com - 17/07/2023, 11:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp memiliki berbagai fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah fitur edit pesan. Fitur baru yang muncul secara global bulan Mei 2023 ini memudahkan pengguna untuk mengedit pesan yang telah terlanjur dikirim.

Saat pengguna mengeditnya, nantinya gelombang chat akan mencatat bahwa pesan telah diedit. Kendati demikian, tak jarang sebagian pengguna masih tidak bisa menggunakan fitur ini, salah satunya karena aplikasi WhatsApp yang masih berada di versi lama.

Tak hanya itu terdapat faktor lain pengguna tidak bisa mengedit pesan. Apa itu? Berikut ini penyebab cara mengatasinya. 

Baca juga: 5 Tips dari Pakar untuk Menghindari Penipuan Kerja Freelance di WhatsApp

Update aplikasi

Apabila Anda tidak menemukan fitur edit pesan di menu chatting WhatsApp, maka dapat melakukan pembaruan ke versi terbaru di Play Store (Android) atau App Store (iOS). Bisa jadi Anda tidak bisa mengedit pesan karena aplikasi masih berada di versi lama.

Waktu edit yang habis

WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengedit chat berulang kali. Namun, perlu diperhatikan bahwa WhatsApp hanya membatasi waktu pengeditan chat maksimal 15 menit. Artinya, jika Anda sudah tidak menemukan fitur edit pesan kembali, maka berarti waktu edit telah habis.

Untuk mengedit pesan kembali, Anda dapat menggunakan cara manual sebelumnya, seperti menghapus chat terlebih dahulu, kemudian menulis ulang teksnya dan mengirim ulang.

Re-install WhatsApp

Sebelum menggunakan cara ini, pastikan untuk melakukan backup chat terlebih dahulu. Untuk melakukan backup chat, Anda dapat menuju "Pengaturan" > pilih "Chats" selanjutnya klik "Chat backup".

Selanjutnya, instal kembali WhatsApp dan unduh aplikasi di Play Store atau App Store. Cara ini dapat mengatasi permasalahan mengedit pesan di WhatsApp.

Baca juga: Cara Mudah Transfer Chat WhatsApp Tanpa Backup Google Drive

Itulah cara mengatasi WhatsApp yang tidak dapat mengedit pesan. Jika Anda mengalami error lain terkait WhatsApp, salah satunya telepon WhatsApp yang terus menghubungkan padahal jaringan bagus, Anda dapat membaca artikel "Kenapa Telepon WhatsApp Menghubungkan Ulang Padahal Jaringan Bagus?". Semoga membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com