Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Transfer Chat WhatsApp Tanpa Backup Google Drive

Kompas.com - 04/07/2023, 15:20 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp beberapa waktu lalu meluncurkan fitur baru untuk mentransfer atau memindahkan chat dari satu ponsel ke ponsel lain. Fitur ini berguna ketika pengguna WA punya ponsel baru.

Nah, biasanya pengguna WhatsApp memerlukan Google Drive untuk memindahkan semua chat dari ponsel lama ke ponsel baru. Namun, dengan fitur ini, pengguna tidak perlu Google Drive lagi.

Fitur baru tersebut bernama Transfer Chat. Kehadiran fitur ini memungkinkan pengguna WA memindahkan semua obrolan WA dari perangkat lama ke perangkat baru, yang menjalankan sistem operasi yang sama, cukup dengan memindai kode QR.

Hanya dengan scan kode QR, artinya proses memindahkan chat dan data WA bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Baca juga: Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Kirim Video Berkualitas HD?

Pantauan KompasTekno, Selasa (4/7/2023), fitur ini sudah hadir untuk pengguna WhatsApp Android di versi 2.23.12.78. Akan tetapi, fitur ini kemungkinan besar belum didapatkan atau diterima oleh pengguna secara menyeluruh.

Untuk memastikan apakah fitur ini sudah tersedia atau belum, Anda bisa membuka halaman Pengaturan “Settings”, pilih Chat. Di bagian bawah terdapat tulisan “Transfer Chat”. Jika fitur tersebut sudah muncul, tandanya Anda sudah kedapatan fitur baru,

Namun, jika belum mendapatkannya, jangan berkecil hati. Seperti yang disebut di atas, kemungkinan besar WhatsApp tengah menggelontorkan fitur baru ini secara bertahap.

Alternatifnya bisa melakukan pembaruan aplikasi (update) di toko aplikasi Google Play Store secara berkala.

Nah, untuk Anda yang sudah mendapatkan kebaruan fitur Transfer Chat, simak langkah berikut ini untuk mentransfer seluruh riwayat chat WA ke perangkat baru dengan cara yang lebih efisien dan efektif, tanpa Google Drive.

Baca juga: Kenapa Telepon WhatsApp Menghubungkan Ulang padahal Jaringan Bagus?

Cara transfer chat WA tanpa Google Drive

  • Buka aplikasi WhatsaApp
  • Klik ikon titik tiga di atas kanan layar
  • Pilih Settings atau Pengaturan
  • Klik bagian Chat untuk melakukan pengaturan seputar obrolan

Cara mentransfer chat WhatsApp dari perangkat lama ke perangkat baru yang menjalankan sistem operasi samaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Cara mentransfer chat WhatsApp dari perangkat lama ke perangkat baru yang menjalankan sistem operasi sama

  • Pilih Transfer Chat, fitur ini terletak di bawah fitur “Chat backup”
  • Setelah diklik, akan muncul informasi “Transfer chat history to Android Phone”. Artinya, proses transfer dapat dilakukan untuk sesama perangkat Android.
  • Kemudian, pilih Start (Mulai)
  • Sistem akan meminta akses untuk mencari perangkat terdekat melalui konektivitas WI-Fi. Pengguna juga diminta untuk memgaktifkan akses lokasi.
  • Jika sudah, sistem akan mengaktifkan kamera untuk memindai kode QR yang ada di perangkat terbaru.
  • Pastikan perangkat baru Anda sudah memiliki aplikasi WhatsAppp dan sudah melakukan registrasi menggunakan nomor HP yang sama.
  • Jika sudah selesai regitrasi di perangkat baru, akan muncul tulisan “Transfer chat history from old phone” (Transfer obrolan dari ponsel lama”.
  • Setelah tulisan di atas muncul, klik tombol “Continue”
  • Sistem akan memunculkan kode QR di perangkat baru untuk dipindai perangkat lama.
  • Setelah memindai kode, data riwayat chat akan segera otomatis diproses.
  • Selamat mencoba dan semoga bermanfaat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com