BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Samsung

Cara Hasilkan Foto Epik dengan Fitur Zoom di Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Kompas.com - 18/07/2023, 10:10 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Perilisan flagship smartphone kerap ditunggu oleh pencinta gadget tiap tahun. Sebab, smartphone premium teranyar selalu membawa fitur ataupun teknologi tercanggih di dunia gadget.

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G, misalnya. Flagship smartphone besutan Samsung yang dirilis pada kuartal I 2023 ini hadir dengan sejumlah inovasi dan keunggulan yang dapat memberikan pengalaman berbeda. Salah satunya pada bagian kamera.

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G dibekali satu kamera depan beresolusi 12 MP dan empat kamera belakang.

Empat kamera belakang smartphone tersebut terdiri dari kamera utama beresolusi 200 MP, kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), kamera telefoto 10 MP (f/2.4, 3x optical zoom), dan kamera telefoto 10 MP (f/2.4, 10x optical zoom).

Kamera utamanya sudah dilengkapi dengan sensor Isocell HP2 berukuran piksel 0,6 mikrometer. Sensor ini mampu menghasilkan gambar superdetail dan kemampuan pixel binning terbaru, yakni Tetra2pixel.

Berkat Tetra2pixel, kamera Samsung Galaxy S23 Ultra 5G bisa menyimulasikan ukuran piksel secara berbeda sehingga menghasilkan tangkapan cahaya bagus.

Saat tim Kompas.com mencobanya untuk menangkap gambar dari kejauhan, kamera tersebut tetap mampu menghasilkan detail foto yang sangat baik. Bahkan, saat hasil tangkapan itu diperbesar, detail gambar masih dapat terlihat dengan jelas dan tidak pecah.

Baca juga: Samsung Galaxy S21 FE 5G, Smartphone Premium Harga Terjangkau

Foto sebelum di-zoom dan foto setelah di-zoom. Meski telah di-zoom, hasil foto pada Samsung Galaxy S23 Ultra terlihat tetap jernih dan mampu menampilkan obyek secara jelas. Dok. Kompas.com/Galuh Putri Riyanto Foto sebelum di-zoom dan foto setelah di-zoom. Meski telah di-zoom, hasil foto pada Samsung Galaxy S23 Ultra terlihat tetap jernih dan mampu menampilkan obyek secara jelas.

Selain sensor Isocell HP2, Samsung Galaxy S23 Ultra 5G juga memiliki fitur zoom canggih yang mampu melakukan pembesaran hingga 100 kali lipat.

Secara keseluruhan, fitur zoom yang ada Samsung Galaxy S23 Ultra 5G meliputi 0,5x atau wide lens, 3x, 10x, 30x, dan 100x.

Cara memaksimalkan fitur zoom

Meski memiliki sejumlah opsi pembesaran, Anda tetap perlu menyesuaikan situasi dan obyek foto agar menghasilkan gambar berkualitas.

Jika ingin mengabadikan obyek secara lapang, Anda bisa memaksimalkan fitur zoom 0,6x atau wide lens. Cara mengaktifkannya pun mudah, Anda cukup masuk ke Kamera dan pilih opsi zoom 0,6x.

Untuk subyek foto dengan jarak kurang dari 10 m, Anda bisa memaksimalkan fitur zoom 2x dan 3x. Kemudian, gunakan opsi zoom 10x untuk mengambil foto dengan jarak kurang dari 100 m. Jika ingin mengambil foto dari jarak yang cukup jauh, Anda bisa memaksimalkan fitur zoom 30x dan 100x.

Fitur zoom 30x bisa digunakan untuk mengambil gambar yang fokus pada suatu obyek dari jarak jauh, yakni sekitar 500 meter.

Baca juga: Bongkar Rahasia Edit Foto Pakai Galaxy S23 Ultra yang Bikin Autolikes

Hasil bidikan bulan tanggal 3 Februari 2023 menggunakan kamera telefoto 10 MP dengan zoom digital 30x pada Samsung Galaxy S23 Ultra. Kompas.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil bidikan bulan tanggal 3 Februari 2023 menggunakan kamera telefoto 10 MP dengan zoom digital 30x pada Samsung Galaxy S23 Ultra.

Meski gambar yang diambil digunakan dalam mode pembesaran atau zoom, foto tersebut tetap mampu menampilkan kualitas yang jernih dan cerah.

Hal tersebut berbeda dengan smartphone pada umumnya yang mengalami penurunan kualitas atau bahkan mengalami noise pada gambar saat diabadikan dengan mode zoom.

Untuk zoom 100x, fitur ini dapat digunakan untuk mengambil gambar dengan jarak sangat jauh, seperti bulan, bintang, puncak gunung, dan gedung.

Selain bisa memilih langsung opsi pembesaran tersebut, Anda bisa pula menentukan sendiri zoom sesuai kebutuhan pengambilan gambar, misalnya 2,5x dan 8,3x.

Optimalkan pula pengaturan Focus Lock agar pengambilan gambar lebih optimal. Pengaturan ini berguna untuk mengunci eksposur dan fokus pada lensa. Untuk menggunakannya, Anda cukup menekan lebih lama subyek foto yang ingin dikunci pada layar ponsel.

Saat Focus Lock sudah aktif, Anda juga bisa mengatur tingkat kecerahan foto. Pengaturan ini bisa membuat Anda leluasa menentukan pencahayaan yang pas.

Jika ingin lebih mengeksplorasi teknik fotografi, Anda bisa memilih opsi mode Pro. Pada mode Pro, selain besaran zoom, Anda bisa pula menentukan sendiri besaran ISO, kecepatan rana (shutter speed), fokus, dan white balance.

Untuk masuk ke mode tersebut, pilih opsi “Lainnya” pada layar kamera. Kemudian, pilih menu “Pro”.

Sejumlah mode fotografi dan videografi pada Samsung Galaxy S23 Ultra. Dok. Kompas.com/Erlangga Satya Sejumlah mode fotografi dan videografi pada Samsung Galaxy S23 Ultra.

KompasTekno sempat menjajal Samsung S23 Ultra 5G untuk memotret pada konser Raisa. Saat memilih opsi kamera telefoto dengan zoom optis 3x, flagship tersebut dapat memotret penampakan panggung yang megah dan dihiasi lampu LED warna-warna sebagai latar belakang konser. Hasilnya, foto menampilkan warna yang seperti asli, tanpa ada cahaya efek berlebih.

Kemudian, tim menggunakan zoom 10x untuk mengabadikan aksi panggung Raisa. Hasilnya, subyek foto dapat tertangkap dengan apik, tajam, dan terang.

Optimalkan gambar dengan fitur lain

Selain fitur zoom, Samsung juga melengkapi S23 Ultra 5G dengan kemampuan Nightography. Kemampuan ini dapat dimaksimalkan untuk mengambil sebuah gambar pada kondisi yang minim cahaya atau low light agar lebih terang dan tanpa noise.

Kemampuan Nightography Samsung Galaxy S23 dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence (AI) Multi-frame Processing (MFP).

Teknologi tersebut menggunakan analisis untuk menentukan titik pengaturan yang tepat pada setiap piksel. Dengan demikian, warna, detail, dan tone foto dapat dimaksimalkan, meski di kondisi minim cahaya.

Baca juga: Bikin Video Liburan Sinematik Pakai Samsung Galaxy S23 Ultra 5G, Ini 5 Tipnya

Hasil tangkapan kamera pada Samsung Galaxy S23 Ultra dengan kemampuan Nightography.Dok. Samsung Hasil tangkapan kamera pada Samsung Galaxy S23 Ultra dengan kemampuan Nightography.

Samsung juga melengkapi Galaxy S23 Ultra 5G dengan teknologi 2x wider optical image stabilizer (OIS).

Teknologi itu hadir untuk membuat hasil tangkapan gambar menjadi lebih stabil dan minim blur, meski Anda menggunakan shutter speed yang lebih lambat pada kondisi minim cahaya atau memotret sambil bergerak.

Selain fitur 2x OIS, faktor chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy juga ikut menentukan kinerja Samsung S23 Ultra 5G dalam mengambil foto.

Chipset tersebut diklaim membawa peningkatan 25 persen pada kinerja graphics processing unit (GPU) dan 5 persen untuk kinerja central processing unit (CPU) ketimbang chipset Snapdragon 8 Gen 2 versi standar.

Adapun Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy menyokong kinerja Samsung S23 Ultra 5G dalam mengambil dan memproses gambar di kondisi low light secara cepat.

Chipset tersebut juga dilengkapi dengan teknologi Cognitive ISP yang memanfaatkan AI agar dapat memproses dan mengoptimasi gambar sesuai dengan jenis obyek.

Semisal, saat Anda ingin mengambil foto dengan obyek orangutan, Cognitive ISP akan mengenali obyek tersebut dan memberikan hasil terbaik dengan kualitas yang lebih tajam.

Itulah cara memaksimalkan fitur zoom dan fitur lain pada kamera dari produk flagship terbaru Samsung. Lewat cara tersebut, Anda dapat menghasilkan tangkapan dengan kualitas gambar yang tak kalah dengan kamera profesional saat menggunakan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G.

Cek laman berikut untuk tahu lebih banyak soal Samsung Galaxy 23 Ultra 5G. 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com