Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Rombak Fitur Video untuk Saingi TikTok dan YouTube

Kompas.com - 18/07/2023, 15:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meta, induk perusahaan Facebook, Instagram, dan WhatsApp mengumumkan sederet perubahan untuk fitur video di Facebook. Perombakan ini merupakan upaya baru Facebook agar bisa lebih bersaing dengan YouTuber dan TikTok.

“Kami terus berinvestasi secara besar-besaran di video. Jadi, kami mulai membagikan langkah terbaru yang kami lakukan untuk memungkinkan orang menciptakan, eksplorasi, dan terhubung dengan video di Facebook,” tulis Meta di laman resminya.

Pembaruan (update) pertama adalah soal fitur edit video di dalam aplikasi yang kini lebih banyak. Facebook juga mengubah tab "Watch" menjadi "Video".

Selain itu, Meta juga memperbarui laman "Explore" untuk menampilkan deretan video yang sedang trending dan yang direkomendasikan. Berikut penjelasan masing-masing pembaruan Facebook.

Baca juga: Harga Meta Verified atau Centang Biru Instagram dan Facebook di Indonesia

Tab "Watch" jadi "Video"

Facebook mengubah nama tab "Watch" menjadi "Video". Menurut Meta, tab Video akan menjadi wadah kumpulan seluruh video lintas platform yang ada di Facebook, Reels, konten live streaming, dan video berdurasi panjang.

Di tab Video, pengguna bisa menonton video sambil menggulir (scrolling) layar secara vertikal (mengusap layar dari bawah ke atas). Saat scrolling, pengguna ajan menemukan section Reels yang menampilkan video-video pendek dengan format vertikal.

Untuk pengguna Facebook Android, tab “Video” bakal terletak di bagian atas halaman, sedangkan versi iOS akan menampilkan deretan tabs di bagian bawah.

Lebih banyak fitur edit

Facebook kini memiliki sederet fitur edit video yang sebelumnya ada di Reels.Meta Facebook kini memiliki sederet fitur edit video yang sebelumnya ada di Reels.

Untuk memudahkan kreator memproduksi video, Meta juga membawa fitur edit video dari Reels ke Facebook. Dengan demikian, pengguna bisa mengedit video, seperti menambah audio, teks, dan musik secara lebih mudah.

Pengguna juga bisa mengunggah video berkualitas HDR di Reels maupun Facebook. Pembaruan ini juga memungkinkan pengguna menikmati konten Reels dan Facebook secara simultan.

Artinya, pengguna bisa melihat dan menulis komentar lintas platform, yakni di Reels Instagram dan Facebook sekaligus.

Meta juga meluncurkan beberapa fitur edit tambahan, seperti kemampuan mengatur kecepatan video, serta mengganti dan membalik (reverse) video. Selain itu, Meta juga menambahkan dukungan video HDR untuk Reels, baik untuk pengunggahan video baru maupun pemutaran video.

Sementara untuk konten audio, Facebook juga memungkinkan pengguna mencari trek musik yang tepat sebagai musik latar (music background), mengurangi kebisingan dalam suara, dan merekam suara (voice over) di dalam video.

Meta melakukan perombakan tampilan linimasanya dan berfokus pada konten video berformat panjang (16:9). Facebook juga menggulirkan sejumlah fitur mengedit video yang baru kepada seluruh penggunanyaMeta Meta melakukan perombakan tampilan linimasanya dan berfokus pada konten video berformat panjang (16:9). Facebook juga menggulirkan sejumlah fitur mengedit video yang baru kepada seluruh penggunanya

Baca juga: Jatuh Bangun Mark Zuckerberg Kembangkan Facebook, Dulu Hampir Dijual ke MySpace

Fitur Explore baru

Ilustrasi fitur Facebook lainnyaMeta Ilustrasi fitur Facebook lainnya

Facebook juga memungkinkan pengguna mengakses halaman Explore di tab Pencarian (Search). Ketika mengeklik tab Search, pengguna dapat melihat sejumlah tagar (tanda pagar/hashtag) dan topik yang beragam, disertai video pendek dan panjang yang relevan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com