Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roblox Bakal Bisa Dimainkan Langsung dengan Headset VR Facebook

Kompas.com - 13/07/2023, 19:26 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Roblox

KOMPAS.com - Perusahaan Roblox Corporation telah mengumumkan kehadiran game "Roblox" untuk headset virtual reality (VR) besutan Meta, yakni Meta Quest 2, Quest Pro, dan Quest 3.

Roblox Corporation tidak merincikan tanggal rilisnya, tetapi versi open beta dari game ini bisa dijajal dalam beberapa minggu mendatang, lewat toko aplikasi App Lab.

"Kami sangat senang untuk mengumumkan bahwa 'Roblox' akan tersedia di Meta Quest. Kami juga akan meluncurkan versi open beta di toko aplikasi App Lab dalam beberapa minggu mendatang," tulis perusahaan game tersebut lewat blog resminya.

Sebelumnya, game yang memungkinkan pengguna untuk merancang permainannya sendiri sudah tersedia di komputer (PC), Mac, iOS, Android, dan konsol Xbox One.

Baca juga: Tidak Ada Game Roblox di PlayStation, Ini Alasan Sony

"Roblox" juga sebenarnya sudah kompatibel dengan berbagai headset VR, misalnya Oculus Rift dan HTC Vive. Akan tetapi, pengguna perlu menghubungkan headset tersebut ke PC, berbeda dengan Meta Quest yang bersifat mandiri (standalone).

Dengan Meta Quest, nantinya pengguna langsung bisa mengunduh "Roblox" di toko aplikasi Meta Quest Store dan memainkannya.

Sejauh ini, "Roblox" sudah menghadirkan lebih dari 15 juta permainan yang bisa dinikmati oleh gamers. Permainan ini bisa dinikmati secara cross-platform, sehingga pengguna Meta Quest bisa bermain bersama gamers di PC, iOS, Android, dan Xbox.

Pengguna Meta Quest pun tidak perlu khawatir headset-nya tidak bisa menjalankan game tertentu.

Sebab, "Roblox" akan memiliki fitur yang memungkinkan penambahan dukungan VR untuk berbagai game secara otomatis, sehingga developer tidak perlu melakukan proses koding tambahan.

Baca juga: Meta Bikin Layanan Langganan Game VR Quest Plus, Ini Harganya

CEO Meta Mark Zuckerberg memakai headset VR Meta Quest 3.TheVerge CEO Meta Mark Zuckerberg memakai headset VR Meta Quest 3.
Penambahan dukungan secara otomatis berlaku untuk game yang menggunakan skrip pemain default, karena permainan dengan skrip tersebut dapat dijalankan dengan baik di headset VR tanpa modifikasi tambahan.

Untuk mengetahui apakah game sudah mendukung Meta Quest, pengguna bisa menuju menu "Creator Dashboard" > "Access" atau "Roblox Studio" > "Game Settings".

Pengguna bakal melihat bahwa label baru "VR" sudah memiliki centang. Label ini nantinya juga menaungi game yang didukung headset VR lainnya seperti HTC Vive.

Hal ini berbeda dengan mekanisme sebelumnya, karena game dengan dukungan VR masih menggunakan label "Desktop".

Jika sebuah game memang dirancang secara khusus untuk dimainkan di platform tertentu, seperti PC, pengguna dapat menghapus centang pada opsi VR, konsol, dan lain sebagainya, sebagaimana dicatat KompasTekno dari blog resmi Roblox, Kamis (13/7/2023).

Seperti yang sudah disebutkan, tahap open beta bakal diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang. Tahap ini sangat penting agar para developer "Roblox" bisa mempelajari sistem baru ini dan meninjau game yang sudah dibuatnya.

Baca juga: Headset VR Meta Quest 3 Meluncur, Harganya Rp 7 Jutaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com