Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Threads, Aplikasi Mirip Twitter Buatan Pendiri Facebook Resmi

Kompas.com - 06/07/2023, 06:59 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Threads, aplikasi baru bikinan Mark Zuckerberg, pendiri Meta (induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram) yang mirip Twitter, resmi bisa diunduh (download) dan dijajal di Indonesia pada Kamis (6/7/2023) pagi. 

Pantauan KompasTekno, aplikasi Threads tampaknya sudah tersedia di toko aplikasi Google Play Store (Android) dan Apple App Store (iOS). Di Play Store, aplikasi ini memiliki ukuran sekitar 70 MB, sedangkan di App Store sekitar 250 MB.

Setelah mengunduh aplikasi tersebut dan membukanya, pengguna akan disodori dengan halaman pembuatan akun.

Menariknya, pengguna bisa langsung menggunakan atau mengimpor informasi akun yang tersimpan di Instagram seperti nama akun, username, informasi bio, hingga tautan.

Sehingga, mereka tak perlu repot-repot mengisi informasi dan data yang diperlukan untuk membuat akun Threads baru. 

Baca juga: Threads Instagram Tidak Perlu Bikin Akun Baru, Cukup Pakai Akun IG

Ilustrasi aplikasi Threads yang sudah bisa dijajal di Indonesia.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi aplikasi Threads yang sudah bisa dijajal di Indonesia.

Adapun pengguna tampaknya tak bisa membuat akun Threads baru. Sebab, dalam uji coba KompasTekno, Threads tampaknya hanya akan menggunakan akun yang sudah terdaftar di Instagram. 

Dengan kata lain, pengguna yang ingin membuat akun Threads harus membuat akun Instagram terlebih dahulu. Hal ini bisa terbilang wajar lantaran aplikasi ini hadir dengan slogan "Threads, an Instagram app".

Nah, setelah pembuatan akun tadi, pengguna bisa memilih untuk mengikuti (follow) akun-akun Threads yang juga mereka ikuti di Instagram. 

Apabila sudah, maka mereka akan disodori dengan tampilan utama Threads yang didominasi warna hitam. 

Baca juga: Meta Luncurkan Threads, Aplikasi Mirip Twitter, Sudah Bisa Diunduh di Android dan iPhone

Apa saja isi Threads?

Sekilas, Threads memiliki tampilan mirip Instagram. Pada deretan menu di bagian bawah, misalnya, ada menu "Home", "Search", "New Thread", "Activity", hingga "Profile" yang memiliki ikon menu mirip Instagram.

Bedanya, aplikasi Threads, terutama untuk menu Home alias Timeline, tampak disederhanakan dan menampilkan teks saja, sama seperti Twitter.

Selain itu, warna tampilan antarmuka (UI) di Threads juga didominasi dengan warna hitam, dengan teks dan kumpulan ikon berwarna putih.

Aplikasi Threads yang sudah bisa dijajal di Indonesia.KOMPAS.com/Bill Clinten Aplikasi Threads yang sudah bisa dijajal di Indonesia.

Menyoal linimasa Threads, untuk tahap awal ini, tampaknya pengguna akan melihat "twit" atau Threads dari seluruh pengguna yang ada di platform tersebut, baik pengguna yang di-follow maupun yang tidak.

Artinya, mereka belum bisa mensortir atau hanya melihat Threads atau unggahan pengguna lain yang telah diikuti saja.

Beralih ke menu lainnya yaitu menu Profile, tampilan menu ini mirip dengan menu Profile di Instagram.

Hanya saja, tampilan Profile, utamanya tab "Threads", kini akan menampilkan postingan berbasis teks saja, tak ada gambar atau video. Adapun pengguna bisa membuat thread, sebutan untuk postingan Threads (mirip twit di Twitter) dengan maksimal 500 karakter.

Di samping itu, pengguna juga bisa mengunjungi tab "Replies" untuk melihat unggahan mereka yang membalas suatu Threads pengguna lain. 

Tertarik menjajal Threads? Pengguna iPhone bisa mengunduh aplikasi tersebut di tautan berikut ini. Lalu untuk pengguna Android, mereka bisa mengunduhnya di tautan berikut ini

Bagi yang belum bisa mengunduh Threads, ada baiknya untuk bersabar sedikit. Sebab, Meta biasanya menyebar ketersediaan aplikasi baru mereka, boleh jadi termasuk Threads secara bertahap.

Baca juga: Pengalaman Menjajal Threads, Apakah Seseru Twitter?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com