Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Istilah Barbenheimer di Media Sosial, Apa Itu?

Kompas.com - 18/07/2023, 10:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

Sumber today.com

KOMPAS.com - Belakangan ini, di media sosial (medsos), tengah ramai dengan istilah “Barbenheimer”. Sebagian dari Anda mungkin juga sudah sempat melihat istilah Barbenheimer berseliweran di linimasa medsos.

Baca juga: Arti Kata Tsunami Fakta, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai Dipakai di Medsos

Di medsos seperti Twitter, istilah ini ramai muncul dalam sebuah gambar. Contoh kemunculan istilah Barbenheimer pada sebuah gambar bisa dilihat melalui twit dari akun dengan handle @moviemenfes, sebagaimana tertera di bawah ini.

Pada twit di atas, tampak istilah Barbenheimer muncul dalam poster yang memuat gambar dari seorang artis bernama Cillian Murphy. Contoh penggunaan istilah Barbenheimer dalam gambar bisa dilihat pula lewat twit di bawah ini dari akun dengan handle @stevereevesart.

Selain contoh di atas, masih bisa dijumpai banyak lagi istilah Barbenheimer dipakai dalam gambar dan dibagikan di medsos. Mengingat istilah ini ramai dibagikan di medsos, lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan Barbenheimer?

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai istilah Barbenheimer yang lagi ramai di media sosial.

Arti Barbenheimer yang ramai di media sosial

Barbenheimer bisa dibilang merupakan istilah yang baru muncul belakangan ini. Arti Barbenheimer adalah gabungan kata dari judul film Barbie dan Oppenheimer. Istilah tersebut muncul untuk meramaikan keunikan dari kedua film tersebut.

Baca juga: Arti Kata My Shampoo and Conditioner Ran Out at the Same Time yang Viral di Medsos

Film Barbie dan Oppenheimer memiliki sejumlah perbedaan yang tajam. Film Barbie menceritakan kisah fiksi tentang perjalanan boneka mainan kenamaan Barbie. Sedangkan yang satunya, menceritakan tentang ilmuwan di balik bom atom.

Perbedaan selanjutnya berada di studio produksi. Kedua film itu dibuat oleh dua studio produksi besar. Film Barbie yang disutradai Greta Gerwig diproduksi oleh Warner Bros. Lalu, film Oppenheimer yang disutradai Christoper Nolan diproduksi oleh Universal.

Perbedaan juga terletak pada tone warna film, yang mana film Barbie bakal banyak dihiasi dengan warna merah muda, sedangkan Oppenheimer cenderung berwarna oranye dan hitam. Lewat kedua film itu, penonton seakan disajikan dengan dua dunia yang berbeda.

Dari perbedaan yang cukup tajam itu, film Barbie dan Oppenheimer nyatanya berbagi waktu rilis. Kedua film itu sama-sama bakal ditayangkan secara seretak di seluruh bioskop pada 21 Juli 2023, sebagaimana dilansir today.com.

Waktu rilis yang sama untuk dua film yang sangat berbeda itu kemudian melahirkan tren Barbenheimer. Di media sosial, gambar Barbenheimer yang banyak beredar sejatinya memuat bintang utama dari kedua film tersebut.

Sebagai informasi, film Barbie dibintangi oleh Margot Robbie, sedangkan film Oppenheimer dibintangi Cillian Murphy. Kedua tokoh utama dalam film itu digabungkan dalam gambar Barbenheimer yang banyak beredar di medsos.

Baca juga: Arti Kata “Ihacoy”, Bahasa Gaul yang Sering Dipakai di Media Sosial

Gambar Barbenheimer seperti yang banyak dibagikan di medsos pada dasarnnya buatan pengguna sendiri untuk memeriahkan hadirnya dua film yang sangat berbeda dalam waktu bersamaan. Itulah arti istilah Barbenheimer yang ramai di medsos, semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com