Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Fitur Instagram yang Ditiru Meta Facebook dari Medsos Lain

Kompas.com - Diperbarui 11/07/2023, 06:56 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meta merilis aplikasi media sosial baru bernama Threads pada Kamis (6/7/2023). Meski hadir sebagai aplikasi terpisah, Threads merupakan bagian dari Instagram.

Kendati bagian dari Instagram, konsep yang dibawa Threads sangat mirip dengan Twitter. Konten utamanya berbasis teks dengan batasan 500 karakter dengan fitur yang serupa dengan yang dimiliki Twitter.

Praktik tiru meniru ini bukan kali pertama dilakukan Meta. Beberapa produk atau fitur Meta lainnya juga tampak meniru platform lain dan dibenamkan di Instagram.

1. Instagram Story dari Snapchat

Fitur Story di Instagram (IG) bisa dibilang fitur tiruan yang paling sukses. Meta sendiri mendapat "inspirasi" membuat fitur IG Story dari Snapchat. IG Story dirilis pada 2016.

Dengan IG Story pengguna Instagram bisa membuat konten yang akan hilang dengan sendirinya dalam waktu tertentu.

Baca juga: Lupa Tag Pengguna di IG Story? Ini Cara Menambahkannya tanpa Harus Posting Ulang

Tak hanya fitur Story, Meta juga menghadirkan aneka filter wajah yang menarik seperti disediakan Snapchat di aplikasinya.

Fitur ini tampaknya disukai oleh pengguna Instagram, karena pengguna harian IG Stories pada pertengahan 2018 mencapai 400 juta, dua kali lipat lebih banyak dari Snapchat yang hanya 191 juta, dihimpun KompasTekno dari CNBC.

Perbandingan antara fitur Instagram Stories (kiri) Vs Instagram Notes (kanan).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Perbandingan antara fitur Instagram Stories (kiri) Vs Instagram Notes (kanan).

Fitur berbagi konten yang akan terhapus setelah 24 jam itu kemudian diterapkan pula pada beberapa produk Meta lainnya, meliputi Facebook dan WhatsApp.

2. Reels dari TikTok

Reels, format video vertikal dengan durasi pendek di Instagram juga meniru platform lain, yaitu TikTok. Fitur ini hadir di Instagram pada tahun 2019, seiring melejitnya popularitas TikTok di berbagai negara.

Awalnya, Instagram menghadirkan fitur Instagram TV (IGTV) untuk mengakomodasi konten video. IGTV bahkan sempat jadi aplikasi terpisah dari IG. Namun sejak hadirnya Reels, semua video baik yang berdurasi pendek maupun panjang disatukan dalam tab yang sama.

Instagram ReelsPixabay Instagram Reels

Laporan keuangan Meta kuartal I-2023 menunjukkan bahwa IG Reels makin diminati oleh pengguna.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Pakai dan Buat Threads dari Instagram

CEO Meta, Mark Zuckerberg bahkan menyebutkan bahwa waktu yang dihabiskan pengguna di IG bertambah jadi lebih lama hingga 24 persen sejak adaya fitur berbagi video pendek tersebut.

3. Threads dari Twitter

Yang terbaru, Meta menghadirkan Threads dengan konsep yang sama persis seperti Twitter. Aplikasi ini resmi melenggang di toko aplikasi App Store maupun Play Store sejak 6 Juli lalu.

Meta tampak percaya diri dengan produk barunya itu. Mark Zuckerberg bahkan sesumbar bahwa Threads diunduh hingga 2 juta kali hanya setelah aplikasi itu tersedia dalam dua jam.

Seiring waktu, jumlah pengguna Threads juga teerus bertambah. Terbaru, aplikasi itu sudah memiliki 70 juta pengguna dalam dua hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com