Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata CW dan TW yang Sering Digunakan di Media Sosial

Kompas.com - 09/07/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat banyak sekali bahasa gaul di media sosial yang sering dipakai pengguna. Beberapa contohnya seperti kata CW dan TW. Sebagian besar dari Anda mungkin juga telah sempat melihat dua kata tersebut nongol di linimasa media sosial.

Kata CW dan TW di media sosial seperti Twitter biasanya digunakan pada konten-konten yang bersifat sedikit mengganggu bila ditonton. Contonya penggunaan kata CW dengan konteks seperti itu bisa dilihat lewat twit dari @ImDeech di bawah ini.

Baca juga: Arti Tanda Titik Koma atau “Semicolon” yang Sering Dibagikan di Medsos, Jangan Remehkan

Pada twit tersebut, pengguna menggunakan kata CW dengan menampilkan video berisi kotoran tikus yang berada di rak.

Sama halnya kata CW, kata TW juga kerap dipakai dengan dibarengi konten yang bersifat cukup mengganggu untuk ditonton. Contoh penggunaan kata TW dengan konteks seperti itu bisa dilihat lewat twit dari akun @tiuwtiw, sebagaimana tertera di bawah ini.

Pada twit di atas, pengguna memakai kata TW untuk membalas video yang cerita tentang kejadian bunuh diri.

Mengingat kata ini sering dipakai di media sosial, lantas apa yang dimaksud dengan CW dan TW? Bila ingin mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai arti CW dan TW yang sering dipakai di media sosial.

Arti CW dan TW di media sosial

CW dan TW pada dasarnya termasuk dalam kosakata bahasa Inggris. Dua kata tersebut bukanlah kata tunggal. Kata CW dan TW masing-masing adalah kata akronim atau singkatan. Kata CW merupakan singkatan dari “Content Warning”.

Sementara itu, kata TW merupakan singkatan dari “Trigger Warning”. Bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kepanjangan CW dapat berarti peringatan konten, sedangkan TW berarti peringatan atas konten yang dapat memicu sesuatu.

Melalui terjemahan itu, kata CW dan TW punya arti yang mirip. Dikutip dari kamus bahasa gaul Urban Dictionary, arti TW dan CW adalah tanda peringatan yang biasanya digunakan pada konten, yang dapat memicu perasaan atau kejadian traumatis.

Konten-konten yang dapat memicu perasaan traumatis itu contohnya seperti konten yang memuat tindakan penyiksaan atau pembunuhan, konten menjijikkan, konten yang mengandung darah, dan sebagainya.

Kata CW atau TW biasa dipakai untuk memberitahu pengguna agar berhati-hati dalam menonton konten yang mengganggu tersebut. Kata TW sering kali dipakai untuk menjadi tanda peringatan konten yang lebih vulgar ketimbang kata CW.

Baca juga: Arti Kata “Red Flag”, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai Dipakai di Twitter dan TikTok

Dengan arti TW dan CW di atas, bila menjumpainya di media sosial, berarti pengguna ingin memperingatkan ke pengguna lain bahwa konten yang diunggahnya berpotensi dapat mengganggu atau menimbulkan perasaan traumatis.

Sehingga, pengguna lain dapat berhati-hati untuk membuka konten tersebut. Demikianlah penjelasan mengenai arti CW dan TW yang sering digunakan di media sosial, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com