Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi Liburan di Pantai? Ini 4 Cara Menghindari Pasir Menempel di Smartphone

Kompas.com - 22/07/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu barang yang bisa dibilang wajib dibawa ketika berlibur ke pantai adalah smartphone atau HP. Dengan HP yang kini kebanyakan telah dibekali fitur kamera canggih, momen liburan di pantai bisa terdokumentasikan secara mudah.

Selain itu, HP berguna pula untuk membagikan momen liburan di pantai ke media sosial secara langsung. Meski cukup berguna, membawa HP saat liburan di pantai di sisi lain juga bisa menjadi persoalan tersendiri.

Baca juga: 3 Cara Transfer Foto dari HP Android ke iPhone dengan Mudah

Sebagaimana cukup umum diketahui, pasir di pantai kerap kali menempel di barang-barang yang dibawa pengguna, tak terkecuali HP. Pasir pantai yang kecil-kecil bisa menyelip di antara lubang-lubang pada HP, misal lubang cas, microphone, dan speaker.

Saat menyelip, pengguna akhirnya harus membersihkan pasir pantai yang menempel di lubang-lubang komponen HP itu dan proses membersihkannya pun bisa dibilang tidak mudah. Selain itu, pasir pantai yang juga bertekstur cukup tajam jika menempel di HP bisa menggores layar.

Dengan adanya risiko seperti itu, pengguna tampaknya tak akan ingin bila pasir menempel di HP saat tengah berlibur di pantai. Untuk menghindari pasir pantai menempel di HP, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pengguna.

Adapun penjelasan mengenai cara menghindari pasir pantai menempel di HP adalah sebagai berikut.

Cara menghindari pasir pantai menempel di HP

1. Pastikan tangan bersih dari pasir pantai

Cara menghindari pasir pantai menempel di HP yang pertama adalah dengan memastikan bahwa tangan yang hendak dipakai untuk memegang HP bersih dari pasir pantai. Sebab, pasir pantai yang menempel di tangan bisa ikut menempel pula di HP ketika memegangnya.

2. Jangan taruh HP sembarangan

Kedua, jangan menaruh HP sembarangan. Usahakan taruh HP di tempat-tempat yang tidak terkena langsung pasir pantai. Menaruh HP di saku celana atau tikar untuk duduk masih berpotensi besar membuat pasir yang menempel di sana ikut menempel pula di HP.

Baca juga: Tips Ngecas HP di Charging Station agar Tetap Aman

3. Jangan menggunakan HP dekat air pantai

Cara menghindari pasir pantai menempel di HP yang ketiga adalah jangan menggunakan HP dekat air pantai. Ombak di pantai biasanya membawa pasir. Jika HP terkena percikan ombak itu maka kemungkinan besar pasir yang dibawanya akan menempel ke HP.

4. Pakai kantong waterproof untuk HP

Keempat, pengguna bisa menggunakan pelindung atau kantong plastik tahan air (waterproof) yang didesain khusus untuk HP agar pasir pantai tidak mudah menempel. Bentuk kantong waterproof untuk HP itu bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi kantong waterproof HP biar pasir pantai tak mudah menempel.Tokopedia.com/Trohe Ilustrasi kantong waterproof HP biar pasir pantai tak mudah menempel.

Kantong waterproof untuk HP seperti gambar di atas dapat melindungi semua bagian HP. Kantong tersebut memiliki penutup atau segel untuk melindungi HP dari kemasukan air. Dengan kantong ini, pengguna tak perlu khawatir pasir bisa menempel ke HP.

Baca juga: 10 Tips agar iPhone Tidak Boros Baterai

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari pasir pantai menempel di HP. Car di atas bisa menghindarkan pengguna dari masalah ketika pasir pantai menempel di HP seperti menutup lubang komponen HP dan menggores layar, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com