Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips agar iPhone Tidak Boros Baterai

Kompas.com - Diperbarui 29/01/2023, 17:19 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Kapasitas baterai iPhone sejauh ini memang tidak pernah lebih lebih besar ketimbang ponsel Android pada umumnya. Sebagai contoh, model terbaru iPhone 13 Pro Max hanya ditopang dengan baterai berkapasitas 4.352 mAh.

Sedangkan ponsel Android, kebanyakan kini telah menggunakan baterai berkapasitas 5.000 mAh, sebut saja seperti Samsung S22 Ultra. Kendati kapasitas baterai iPhone relatif kecil, tidak otomatis mempengaruhi durasi pemakaiannya.

Dalam kondisi normal, baterai iPhone 13 Pro Max berkapasitas 4.352 mAh bisa bertahan selama 43 jam dari kondisi daya penuh hingga kosong, dengan pemakaian normal selama 7 jam setiap harinya.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi iPhone yang Bisa Dicoba

Dikutip dari platform pengujian ketahanan baterai ponsel DxoMark, disebutkan bahwa durasi pemakaian baterai tidak hanya bergantung pada kapasitasnya, melainkan juga dipengaruhi oleh sistem operasi dan hardware yang menopang ponsel.

Jadi, baterai iPhone boros atau cepat habis tidak hanya dipengaruhi oleh kapasitasnya. Pada kasus baterai iPhone, terdapat beberapa penyebab kenapa baterai iPhone cepat habis, salah satunya adalah usia baterai yang telah lama.

Kemampuan kandungan kimia yang ada di baterai untuk menyimpan daya bakal menurun seiring lamanya masa pemakain. Penurunan kemampuan ini berimplikasi juga pada menurunnya durasi pemakaian baterai iPhone dari kondisi normal.

Misalnya, dulu Anda bisa menggunakan iPhone selama 7 jam dari kondisi daya penuh hingga kosong. Dengan kondisi baterai yang telah berumur, kini Anda hanya bisa memakai iPhone selama 4 jam.

Selain faktor usia baterai yang tua, kenapa baterai iPhone cepat habis juga bisa disebabkan karena pengaturan ponsel yang kurang tepat. Ada beberapa fitur yang bisa memperlama masa pakai baterai iPhone, namun tidak dimanfaatkan oleh pengguna.

Salah satunya seperti fitur mode daya rendah. Fitur ini memungkinkan iPhone dapat mengurangi aktivitas yang bisa mengonsumsi daya baterai dalam skala cukup besar, seperti pencadangan iCloud, penyegaran aplikasi di latar belakang, dan sebagainya.

Selengkapnya, berikut 10 tips agar iPhone tidak boros baterai:

1. Gunakan charger orisinal Apple

Cara menghemat baterai iPhone yang pertama adalah dengan menggunakan perangkat atau pengisi daya (kabel dan adaptor) yang orisinal dari Apple.

Alasannya adalah charger orisinal punya output daya yang dirancang sesuai dengan kemampuan baterai iPhone. Sedangkan, charger abal-abal bisa jadi memiliki output daya yang sesuai dengan standar iPhone.

Output daya yang tidak sesuai tersebut bakal bisa merusak kesehatan baterai iPhone. Kesehatan baterai iPhone yang menurun bisa membuat durasi pemakaian perangkat menjadi lebih singkat, sebagaimana dilansir laman resmi Apple.

2. Lakukan pembaruan perangkat lunak secara rutin

Pembaruan perangkat lunak atau versi sistem operasi biasanya bakal membawa fitur-fitur yang penting untuk iPhone, termasuk fitur yang memungkinkan untuk membuat baterai iPhone menjadi lebih hemat.

Seperti pada pembaruan sistem operasi mulai versi iOS 13 dan yang lebih baru, Apple menghadirkan fitur yang memungkinkan iPhone berhenti mengisi baterai secara otomatis saat kondisi dayanya sudah 80 persen, apabila perangkat sedang dipakai secara intens.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com