Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NFC Tidak Berfungsi di HP Android? Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 09/07/2023, 09:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Near Field Communication (NFC) adalah seperangkat protokol teknologi nirkabel yang memungkinkan perangkat elektronik, seperti smartphone, berkomunikasi dengan perangkat lain yang juga mendukung NFC dalam jarak yang sangat dekat. 

NFC memungkinkan transfer data yang aman dan cepat. Biasanya, smartphone yang dilengkapi dengan NFC berguna untuk melakukan pembayaran mobile, transfer data, dan lainnya. Kendati demikian, tak jarang pengguna ponsel yang dilengkapi dengan NFC juga mengalami beberapa eror.

Salah satunya NFC yang tidak berfungsi dengan baik, seperti tidak dapat melakukan pembayaran nirkabel. Lantas, bagaimana cara mengatasi NFC yang tidak bisa berfungsi dengan normal? Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda coba.

Baca juga: Menilik Fitur NFC di Oppo A95, Apa Gunanya?

Pastikan NFC telah aktif

Tidak bisa membayar atau melakukan transfer data dengan NFC? Cobalah untuk memastikan kembali pengaturan tombol NFC sudah aktif. Bisa jadi Anda lupa menggeser toggle on NFC sehingga fitur ini tidak dapat digunakan. Cara mengecek NFC sudah aktif atau belum dengan cara berikut ini:

  • Masuk ke menu "Settings/Pengaturan"
  • Pilih "Koneksi & berbagi"
  • Lihat bagian NFC apakah sudah aktif atau belum. Jika belum, maka Anda bisa mengaktifkannya.

Ketuk ponsel di area yang tepat

Modul NFC dalam ponsel umumnya terletak di area kecil dan terletak di belakang ponsel. Lokasinya tentu berbeda-beda tergantung pada ponsel yang dimiliki pengguna. Apabila NFC tidak berfungsi, bisa jadi Anda kurang memposisikannya secara tepat saat melakukan transfer data.

Selain itu, penting juga memastikan Anda mengetuk modul NFC pada ponsel dengan modul NFC yang ada pada tag NFC atau terminal pembayaran dengan tepat. Hal ini dikarenakan setiap terminal pembayaran memiliki area khusus untuk NFC yang ditandai dengan ikon WiFi. Ketuk ponsel Anda di area yang tepat agar NFC berfungsi dengan baik.

Lepaskan casing HP

Casing HP yang tebal bahkan terbuat dari logam bisa jadi dapat menghalangi proses kerja NFC. NFC dapat bekerja dengan jarak maksimal empat centimeter. Casing yang tebal justru akan menganggu kerja kumparan NFC.

Oleh karena itu, saat NFC tidak berfungsi dengan baik, maka cobalah untuk melepas casing HP terlebih dahulu. Kemudian coba kembali mengoperasikannya. 

Restart ponsel Anda

Restart ponsel merupakan salah satu cara paling dasar yang bisa Anda coba saat terjadi berbagai masalah di ponsel. Anda dapat mencoba untuk melakukan restart ponsel untuk mengatasi bug yang terjadi pada HP.

Memperbarui sistem operasi ponsel

Apabila masih tidak berfungsi, cobalah untuk memperbarui sistem operasi di ponsel Android Anda. Bisa jadi sistem operasi ponsel yang terbaru dapat mengatasi bug yang terjadi pada ponsel, termasuk mengatasi NFC yang eror.

Baca juga: Menilik Fitur NFC di Oppo A95, Apa Gunanya?

Kegunaan NFC

Near Field Communication memiliki bebrapa kegunaan seperti:

Pembayaran nirkabel

Salah satu kegunaan utama NFC adalah berfungsi sebagai media pembayaran nirkabel atau mobile payment. Pengguna bisa menghubungkan ponsel yang memiliki fitur NFC dengan terminal pembayaran yang kompatibel dan mentransfer informasi pembayaran dengan mudah dan cepat.

NFC pada kartu identitas

NFC dapat digunakan sebagai metode mengidentifikasi identitas tertentu. Biasanya karyawan atau mahasiswa dilengkapi dengan kartu akses yang sudah memiliki fitur NFC yang memungkinkan mereka dapat mengakses tempat-tempat atau otentikasi tertentu.

Terhubung dengan peralatan elektronik

NFC bisa digunakan untuk menghubungkan peralatan elektronik, seperti headphone, speaker, atau printer yang juga mendukung perangkat NFC. Hal ini memudahkan pengguna dalam menghubungkan perangkat.

Baca juga: Realme C55 NFC Rilis di Indonesia dengan Poni ala iPhone 14 Pro

Itulah beberapa cara mengatasi NFC yang tidak berfungsi seperti semula yang bisa Anda coba. Semoga membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com