Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Telkomsel One? Layanan Internet IndiHome dan Seluler dalam Satu Paket

Kompas.com - 24/07/2023, 12:51 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Telkomsel baru saja merilis layanan baru bernama Telkomsel One pada Jumat minggu lalu (21/7/2023). Telkomsel One sendiri berhubungan dengan layanan internet kabel IndiHome dan layanan internet seluler Telkomsel.

Lantaran berhubungan dengan kedua layanan tersebut, pelanggan IndiHome dan Telkomsel perlu untuk mengetahui apa itu Telkomsel One. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan mengenai Telkomsel One.

Baca juga: Ini Kelebihan Telkomsel One, Salah Satunya Teknologi Backup Koneksi Jika Error

Lantas, apa itu Telkomsel One? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai Telkomsel One, layanan internet yang baru dirilis Telkomsel.

Apa itu Telkomsel One?

Per 1 Juli 2023, bisnis IndiHome milik PT Telkom Indonesia (Telkom) dilebur ke dalam unit bisnis Telkomsel. Peleburan IndiHome ke Telkomsel itu salah satunya menghasilkan produk baru bernama Telkomsel One.

Telkomsel One adalah layanan internet kabel IndiHome dan internet seluler Telkomsel yang berada dalam satu paket. Jadi, dengan Telkomsel One, pengguna bisa berlangganan paket internet IndiHome sekaligus mendapatkan paket internet seluler Telkomsel.

Telkomsel One mempermudah pelanggan yang ingin mendapatkan layanan internet kabel dan seluler dalam satu paket. Pelanggan dapat mengelola paket Telkomsel One dalam satu platform yaitu MyTelkomsel.

Untuk diketahui, aplikasi MyTelkomsel kini telah dirombak. Aplikasi MyTelkomsel sekarang tidak hanya berfungsi untuk mengelola layanan Telkomsel pelanggan. Di MyTelkomsel versi terbaru, terdapat pula menu buat mengelola paket IndiHome dan Telkomsel One.

Saat ini, setidaknya terdapat tiga paket Telkomsel One yang dapat dipilih pelanggan. Tiap paket Telkomsel One punya penawaran layanan dan harga yang berbeda. Adapun daftar paket Telkomsel One dan harganya adalah sebagai berikut.

Daftar paket Telkomsel One dan harganya

1. Dynamic Gold 1.000 Mbps: Rp 1.499.000

  • Layanan Indihome 1.000 Mbps (1 Gbps) tanpa batas (unlimited)
  • Kuota keluarga 35 GB (maksimal 6 nomor)
  • Panggilan suara 50 menit dan 50 pesan teks SMS ke seluruh operator
  • Panggilan suara dan pesan SMS bebas biaya ke sesama pengguna Telkomsel
  • Bebas biaya PSB (pascabayar)
  • Sudah termasuk langganan streaming video MAXstream, Disney Plus Hotstar, dan Indihome TV
  • Sudah termasuk langganan IPTV: Indihome TV Entry dan IndiMovie 2 (Cinemax HD, HBO Family HD, HBO HD, HBO Hits HD, HBO Signature HD)

2. Dynamics Silver 300 Mbps: Rp 888.000

  • Layanan Indihome 300 Mbps tanpa batas (unlimited)
  • Kuota keluarga 15 GB (maksimal 6 nomor)
  • Panggilan suara 30 menit dan 30 pesan teks SMS ke seluruh operator
  • Panggilan suara dan pesan SMS bebas biaya ke sesama pengguna
  • Telkomsel Bebas biaya PSB (pascabayar)
  • Sudah termasuk langganan streaming video MAXstream, Disney Plus Hotstar, dan Indihome TV

3. Paket Easy Silver Lite: Rp 120.000

  • Kuota Orbit 25 GB
  • Kuota keluarga 10 GB
  • Panggilan suara dan kirim pesan teks bebas biaya ke sesama anggota

Baca juga: Telkomsel One Meluncur, IndiHome dan Orbit Tidak ke Mana-mana

Tiga paket di atas memungkinkan pengguna untuk mendapatkan paket internet WiFi dari layanan IndiHome atau Orbit sekaligus paket internet seluler Telkomsel dari kuota keluarga. Untuk bisa mengaktivasi kuota keluarga, pelanggan dapat memakai nomor Telkomsel lama.

Seandainya belum punya nomor Telkomsel, pelanggan dapat melakukan pembelian kartu Telkomsel pada proses pemesanan layanan di awal. Semua paket Telkomsel One sekarang sudah tersedia di 501 kota/kabupaten di Indonesia.

Akan tetapi, menurut penjelasan Telkomsel, khusus paket langganan Dynamic Gold 1 Gbps hanya tersedia di lima kota saja, yakni Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya dan Makasar. Pembelian paket ini juga masih dalam tahap pre-order.

Lantas, bagaimana cara daftar Telkomsel One? Cara daftar Telkomsel One itu cukup mudah. Bila tertarik untuk menggunakannya, berikut adalah penjelasan mengenai cara daftar Telkomsel One.

Cara daftar Telkomsel One

Sebagai informasi, Telkomsel One tersedia untuk pelanggan baru, yang mana tiap pelanggan dapat memilih paket sesuai kebutuhannya. Pelanggan bisa daftar Telkomsel One lewat MyTelkomsel, website Telkomsel, dan GraPari dengan cara sebagai berikut:

  • Pilih paket yang diinginkan.
  • Lengkapi alamat sesuai dengan lokasi pemasangan perangkat.
  • Lengkapi data diri pada formulir yang tersedia.
  • Selanjutnya, tim Telkomsel bakal melakukan verifikasi data.
  • Setelah terverifikasi, petugas bakal mendatangi alamat pelanggan untuk memasang modem Telkomsel One dan mengaktivasi paketnya.
  • Bila menemukan kendala saat melakukan pendaftaran, pelanggan bisa menghubungi Call Center 188 dan 147.

Itulah cara daftar Telkomsel One. Penting diketahui, Telkomsel One tidak hanya tersedia untuk pelanggan baru. Pelanggan lama IndiHome juga bisa daftar Telkomsel One. Namun, langkahnya berbeda dengan yang di atas.

Baca juga: Cara Registrasi Kartu Telkomsel untuk Pengguna Baru dan Lama

Dikutip dari laman resmi Telkomsel, pelanggan lama IndiHome yang ingin menggunakan Telkomsel One bisa mengajukan permohonan peningkatan kecepatan (upgrade speed) dan modem akan diperbarui atau disesuaikan dengan paket Telkomsel One yang dipilih.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com