Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Website Twitter Jadi X.com, tetapi Masih Diblokir di Indonesia

Kompas.com - 25/07/2023, 10:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pemilik Twitter Elon Musk merombak logo Twitter menjadi huruf "X", menggantikan logo burung berwarna biru alias "Larry Bird".

Selain mengganti logo, Elon Musk juga membuat alamat situs "X.com" untuk mengarah ke halaman depan Twitter, selain melalui alamat Twitter.com.

Namun, pantauan KompasTekno, Selasa (25/7/2023), alamat situs X.com tidak bisa diakses di Indonesia, baik lewat WiFi maupun internet seluler.

Ketika mencoba mengakses alamat X.com di browser, kami justru dialihkan jendela "Not secure" (tidak aman) dan "This site can't be reached" (situs ini tidak bisa dijangkau).

Bahkan, ketika mengakses link X.com lewat data internet, kami dibawa ke jendela internet positif yang artinya link X.com diblokir oleh pemerintah. Kami menggunakan beberapa provider internet yang berbeda, dan hasilnya tetap sama.

Baca juga: Makna di Balik X, Logo Twitter Baru Pengganti Burung Biru

Namun, sepengalaman KompasTekno, pengguna di Indonesia masih bisa mengakses Twitter versi web lewat link twitter.com seperti biasanya.

Belum diketahui alasan alamat situs X.com tidak bisa diakses di Indonesia. Biasanya jika sebuah situs tidak bisa diakses dan dialihkan ke halaman internet positif, situs tersebut diblokir pemerintah atas beberapa alasan, seperti perjudian atau pornografi.

Respons Kementerian Kominfo

Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong, alamat website X.com diblokir karena sebelumnya pernah dipakai situs lain yang tidak sesuai dengan perundangan di Indonesia dan masuk list pemblokiran oleh Kominfo.

Menurut Usman, Kominfo juga sudah berkomunikasi dengan Twitter terkait masalah ini.

"Tadi Dirjen Aptika sudah bicara dengan pihak Twitter dan mereka akan mengirimkan pemberitahuan bahwa X.com akan digunakan oleh Twitter. Begitu menerima pemberitahuan tersebut, kami akan melakukan normalisasi," kata Usman kepada KompasTekno.

Elon Musk beli X.com dari PayPal

Logo Twitter akan berubah jadi X secara bertahap.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Logo Twitter akan berubah jadi X secara bertahap.
Domain X.com yang sekarang digunakan Twitter ini ternyata dibeli Elon Musk dari PayPal pada 2017.

Elon Musk diprediksi mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk membeli domain X.com dari PayPal beberapa tahun lalu, menurut laporan The Verge sebagaimana dihimpun KompaTekno, Selasa (25/7/2023).

Sebenarnya X.com awalnya dimilik oleh Elon Musk. Pada 1999, Elon Musk dan beberapa rekannya mendirikan layanan keuangan online bernama X.com.

Baca juga: Logo Burung Biru Twitter Bakal Berubah Jadi X

Pada 2000, X.com bergabung alias merger dengan Confinity, perusahaan yang didirikan oleh Peter Thiel dan Max Levchin. Confinity ini membuat PayPal, layanan transfer uang yang ketika itu kurang terkenal.

Ketika sudah bergabung, investor dan anggota dewan memilih X.com sebagai merek karena lebih dikenal. Namun, merek X.com ini tak bertahan lama.

Pasalnya, merek X.com itu kemudian diganti PayPal pada tahun 2001, setahun setelah Musk meninggalkan perusahaan karena perselisihan dengan anggota eksekutif lainnya.

Karena sudah bukan miliknya, Elon Musk harus membeli domain X.com dari PayPal pada 2017. Nah, baru pada 2023 ini, domain X.com itu akhirnya digunakan untuk Twitter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com