Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Darurat di iPhone 14 Bantu Selamatkan Pria Jatuh dari Tebing

Kompas.com - 27/07/2023, 18:02 WIB
Yudha Pratomo

Penulis

KOMPAS.com - Lagi-lagi, fitur pendeteksi kecelakaan atau Crash Detection di iPhone 14 bukan hanya gimmick semata. Fitur ini menyelamatkan seorang pengemudi mobil yang jatuh dari tebing.

Pria tersebut mengemudikan mobilnya di wilayah pegunungan Wilson Road, California, Amerika Serikat.

Kecelakaan ini terjadi pada Jumat 21 Juli pekan lalu. Mobil yang dikendarai pria tersebut jatuh dan terperosok ke jurang hingga 400 kaki atau sekitar 100 meter.

Pengemudi mobil tersebut bisa diselamatkan berkat fitur pendeteksi kecelakaan di iPhone 14. Saat kecelakaan terjadi, fitur Crash Detection di iPhone 14 yang digunakan pria tersebut berusaha menghubungi layanan darurat.

Namun, karena lokasi kejadian saat itu minim jangkauan sinyal, pria itu diyakini menggunakan fitur komunikasi satelit untuk mengirim pesan SOS.

Baca juga: Pemilik iPhone 14 Bisa Perbaiki Sendiri kalau Ponsel Rusak

Kendati demikian, untuk menggunakan fitur komunikasi satelit ini ada beberapa kondisi yang harus dipenuhi. Orang yang mengirim pesan, harus berada di luar ruangan dengan posisi yang tepat.

Sehingga, ada kemungkinan bahwa pria tersebut bukan mengirim pesan darurat menggunakan fitur komunikasi satelit, melainkan menggunakan jaringan dari operator seluler lain yang tersedia.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Apple Insider, Kamis (27/7/2023), Apple sendiri mengatakan bahwa pengguna iPhone memang masih bisa mengirim pesan darurat menggunakan jaringan lain di area tersebut.

Terlepas dari jaringan mana yang digunakan untuk mengirim pesan darurat, tim SAR mengatakan bahwa lokasi yang dikirim dari iPhone 14 sangat akurat.

"Dia berada di 400 kaki dengan hampir tidak ada jalan keluar," kata Steve Goldsworthy dari tim Search and Rescue (SAR), yang memimpin operasi penyelamatan.

Baca juga: HP Android Ini Bakal Punya Fitur Canggih dari iPhone 14

"Lokasi yang kami dapat dari iPhone sangat tepat. Pada dasarnya, ponselnya sendirilah yang meminta bantuan atas nama dia," lanjut Goldsworthy.

Akurasi lokasi yang dikirim iPhone 14 ini juga diamini oleh anggota tim lain dari regu penyelamat.

"Jika kami tidak memiliki informasi lokasi yang akurat pada waktu yang tepat, dia mungkin akan kehabisan darah," kata Mike Leum, salah satu anggota tim SAR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com